Wujudkan Pelayanan Kesehatan Bagi Tahanan, Polres Luwu Utara Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

SuaraNegeri.com
06 Desember 2023 | 12:05 WIB Last Updated 2023-12-06T05:05:32Z

SUARA NEGERI | MASAMBA — Guna mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik bagi para tahanan, Kapolres Luwu Utara AKBP Galih Indragiri.S.IK melalui Wakapolres KOMPOL Muh.Rifai.S.Pd, dan Sidokkes Polres Luwu utara melakukan pengecekan dan pemeriksaan kesehatan secara rutin terhadap tahanan di mako Polres Luwu Utara, Selasa (5/11/2023) kemarin.

AKBP Galih Indragiri.S.Ik menyampaikan bahwa Kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara bagi seluruh warga negaranya tanpa terkecuali, begitu juga bagi Tahanan yang berada di Rutan Polres Luwu Utara, menjadi tanggung jawab Polres Luwu Utara.

"Tahanan itu harus mendapat pelayanan kesehatan dan perawatan yang baik, selain itu kita juga melakukan pengecekan kebersihan ruangan secara berkala sehingga para tahanan merasa nyaman," ucapnya.

"Pemeriksaan yang dilakukan ini adalah pemenuhan dari salah satu hak tahanan yaitu hak mereka untuk mendapatkan layanan kesehatan yang layak,” ujar kapolres yang merupakan jebolan Akpol 2001 ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakapolres Kompol Muh.Rifai, didampingi Kasat Tahti saat melakukan pengecekan dan pemeriksaan kesehatan mengatakan bahwa layanan kesehatan kepada para tahanan khusunya tahanan yang berada di rutan polres Luwu Utara ini adalah hal mutlak yang harus dilaksanakan.

Sementara, Urdokkes Polres Luwu utara yang di pimpin oleh Aipda Sail Hidayat.S.an melakukan pemeriksaan kesehatan kepada 29 orang Tahanan

"Pemeriksaan kesehatan dimulai dari pengecekan tensi, gula darah, hingga pemberian Vitamin, dan juga arahan untuk jam olahraga Tahanan," jelasnya.

"Pemeriksaan kesehatan ini guna untuk menghindari berbagai penyakit yang ada di lingkungan Ruang Tahanan Polres Luwu utara, Seperti Tahanan mengalami Stres yang berakibat pada kondisi kesehatan para tahanan menurun," sambungnya.

"Selain kesehatan para Tahanan, ruang masing-masing tahanan juga dilakukan pemeriksaan termasuk beberapa barang yang ada dalam ruang tahanan, guna mengantisipasi masuknya barang terlarang, seperti narkoba , rokok, korek api, handphone, dan berbagai alat yang dimungkinkan dapat membahayakan tahanan selama  berada diruangan," kuncinya. (ARS)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wujudkan Pelayanan Kesehatan Bagi Tahanan, Polres Luwu Utara Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Trending Now

Iklan