Fragmentari Calonarang Meriahkan Kediri Nite Carnival

SuaraNegeri.com
08 Oktober 2023 | 09:40 WIB Last Updated 2023-10-08T02:40:44Z

SUARA NEGERI | KEDIRI — Kontingen Jembrana Tampil Memukau dalam Peringatan Hari Jadi Kota Kediri ke 1144 Tahun 2023 "Kediri Nite Carnival" yang disaksikan secara langsung oleh Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Kriana (Ipat), Sabtu (7/10) di Jalan Basuki Rahmat Depan Balai Kota Kediri

Acara tersebut dibuka oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar didampingi Forkopimda dan Wabup Jembrana diawali dengan pemecahan ‘Kendi’. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan berjalan menuju tempat pementasan parade Kediri Nite Carnival, bertempat di Balai Kota Kediri.

Adapun peserta pawai, berjalan sepanjang 2 km , dari Kediri Memorial Park dan berakhir di Balai Kota Kediri.

Memeriahkan hari jadi kota kediri ke 1144 itu , duta seni Jembrana membawakan fragmentari Calonarang besutan  Sanggar Sangitha Mredangga.

Berkekuatan  40 personil , fragmentari ini mengisahkan cerita rakyat yang kesohor di Pulau Bali tentang  seorang janda dari Desa Girah bernama Calon Arang.

Dia merupakan penguasa ilmu hitam yang sering merusak hasil panen para petani dan menyebabkan datangnya penyakit. 

Atraksi yang dibawakan secara apik oleh anak anak sanggar ini sukses menyedot ribuan penonton yang memadati areal pertunjukan Kediri Nite Festival .

Bahkan , Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari Kontingen Jembrana yang tampil begitu memukau. 

"Terimakasih kepada bapak Wabup Jembrana atas kehadiran dan partisipasinya, jembrana selalu tampil dengan bersemangat dan memukau para penonton," ujar Abdullah Abu Bakar.

Dalam kesempatan itu, Wabup Ipat menyampaikan bahwa kunjungannya tersebut mewakili Pemerintah Kabupaten Jembrana. 

“Kontingen Jembrana yang kali ini menampilkan Calonarang merupakan bentuk kunjungan balasan karena pada parade seni dalam peringatan HUT Kota Negara ke-128, duta seni Kediri juga sudah mempersembahkan atraksi kesenian yang luar biasa di Jembrana,” ucap Wabup Ipat.

Wabup Ipat juga berharap talisilaturahmi antara  Kabupaten Kediri dengan Jembrana kedepannya tetap berjalan baik. 

"Terimakasih saya ucapkan kepada bapak Wali Kota dan Pemerintah Kabupaten Kediri mudah-mudahan kedepannya tidak hanya sampai disini, tetapi sinergitas Kabupaten Kediri dengan Jembrana yang telah dibangun tetap kita jaga dan pertahankan," pungkasnya. ( Ari bisma)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Fragmentari Calonarang Meriahkan Kediri Nite Carnival

Trending Now

Iklan