Dansatgas MR 300 Siliwangi: Butuh Komitmen Bersama Untuk Jaga Generasi Papua

SuaraNegeri.com
03 Oktober 2023 | 14:22 WIB Last Updated 2023-10-03T07:22:52Z

SUARA NEGERI | PAPUA — Ditengah dinginnya udara Pegunungan Papua yang asri, anak-anak daerah Papua telah bersiap untuk berangkat menuju ke Sekolah masing-masing.

Dengan segala keterbatasan yang ada, anak-anak tersebut tetap bersemangat menempuh perjalanan yang jauh, walau dengan berjalan kaki menuju sekolah tercinta, untuk mengenyam pendidikan demi menggapai keinginan dan cita-cita mereka dimasa depan.

Cita-cita mereka, salah satunya yaitu ingin mendapatkan kehidupan lebih baik, sehingga dapat memajukan daerah Papua dan mengharumkan nama Indonesia.

Hal tersebut, butuh dukungan bersama dengan komitmen semua pihak, untuk mendukung mereka terutama di bidang pendidikan.

Hal tersebut yang disampaikan Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi,  Letkol Inf. Afri Swandi Ritonga dalam keterangan tertulisnya, di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Senin (01/10/2023).

Komitmen ini sejalan dengan komitmen dan keinginan Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi, Letkol Infanteri Afri Swandi Ritonga S.I.P. bersama Jajarannya, yaitu dengan memastikan pendidikan tetap berjalan di tengah konflik yang melibatkan Kelompok Separatis Bersenjata (KST) di Papua.

"Kami percaya bahwa pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk merubah dunia. Oleh karena itu, kami akan terus berusaha dan bekerja sama dengan masyarakat setempat dan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa anak-anak Papua tetap mendapatkan pendidikan yang layak," ujar Dansatgas.

Meskipun Papua masih dilanda ketegangan akibat aktivitas KST, sambung Afri, Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi tak berhenti dalam misinya untuk mendidik generasi muda Papua. Dengan keyakinan, bahwa pendidikan adalah kunci untuk menciptakan masa depan yang lebih baik, bahkan di tengah tantangan yang serius.

”Ini dibuktikan dengan konsistensi Personel Satgas Mobile Siliwangi dengan turun ke sekolah-sekolah di Kabupaten Puncak, untuk mengajar anak-anak dengan penuh semangat dan dedikasi tinggi memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anak-anak Papua,” paparnya.

Langkah ini, kata Afri, mencerminkan tekad bersama untuk melindungi masa depan anak-anak Papua, memberi mereka peluang yang sama dengan anak-anak di daerah lain di Indonesia.

Tidak hanya memberikan pengetahuan akademik, Afri mengatakan, Satgas Mobile 300 Siliwangi juga memberikan pendidikan karakter yang mengedepankan nilai-nilai perdamaian, persatuan, dan keberagaman. Dengan cara ini diharapkan anak-anak Papua tumbuh menjadi generasi yang tangguh, bijaksana, dan siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

“Saya ingin menjadi suster atau masuk ke IPDN, saya ingin papua aman dan damai. Papa, Mama, Kakak semua tolong jaga sekolah kita, jangan rusak sekolah kami, kami ingin menggapai cita-cita kami,” ungkap Elsya Murib, salah satu siswi SMP di daerah Kabupaten Puncak Papua. 

Meskipun konflik masih terjadi, tetapi komitmen Satgas Mobile Raider 300 untuk melindungi generasi Papua tidak pernah pudar walau harus mengorbankan jiwa dan raga.

Dalam situasi sulit ini, Dansatgas 300 yakin, kerjasama antara Pemerintah, Satuan Tugas Keamanan, dan Masyarakat setempat sangat diperlukan untuk memastikan bahwa anak-anak Papua memiliki akses terhadap pendidikan yang berkualitas, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang positif bagi Papua khususnya dan Indonesia pada umumnya. (**)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dansatgas MR 300 Siliwangi: Butuh Komitmen Bersama Untuk Jaga Generasi Papua

Trending Now

Iklan