Gempa Terkini M 5,3 Guncang Teluk Tomini Pagi Ini

SuaraNegeri.com
06 April 2023 | 09:56 WIB Last Updated 2023-04-06T02:56:18Z

SUARA NEGERI | SULTENG — Teluk Tomini diguncang gempa tektonik pada Kamis (6/4/2023) pukul 08.32 WITA. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,3. 

Pusat gempat terletak pada koordinat 0,57 derajat Lintang Selatan, 122,19 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km arah timur Laut Tojo Una Una, Sulawesi Tengah pada kedalaman 17 km.

Menurut BMKG, gempa yang terjadi di wilayah Teluk Tomini tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Ampana dengan skala intensitas III - IV MMI. Itu setara gempa pada siang hari dan bisa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Sebagian merasakannya nyata di dalam rumah, seakan ada truk melintas.

Guncangan dari gempa yang sama bisa dirasakan di daerah Malili dengan skala intensitas yang lebih lemah. Begitu juga di daerah Poso. Sesuai hasil pemodelan BMKG, gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami.
 
Monitoring BMKG hingga pukul 08.10 Wib menunjukkan adanya satu aktivitas gempa susulan dengan Magnitido 3,1.

BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.
 
Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Hingga berita ini ditulis, belum ada informasi terkait dampak gempa yang terjadi. Termasuk ada atau tidaknya kerusakan dan korban jiwa akibat gempa yang terjadi.(Dhankz)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gempa Terkini M 5,3 Guncang Teluk Tomini Pagi Ini

Trending Now

Iklan