Kurangi Dampak Pemanasan Global, Kodim Pemalang Tanam Ribuan Pohon Di Mendelem

SuaraNegeri.com
03 Maret 2023 | 21:25 WIB Last Updated 2023-03-03T14:25:00Z

SUARA NEGERI | PEMALANG Upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global, sekaligus menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, Kodim 0711/Pemalang beserta jajarannya melaksanakan program reboisasi penghijauan dengan tanam 3000 bibit pohon. 

Kodim 0711/Pemalang berkerjasama dengan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang tanam 3000 bibit pohon antara lain 1000 bibit pohon Balsa, 1000 pohon Mahoni dan 1000 bibit pohon Albasia di Kawasan Perhutanan Sosial Kelompok Tani Hutan (KTH) Rimba Agro Abadi desa Mendelem kecamatan Belik kabupaten Pemalang, Jumat (3/3/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0711/Pemalang Mayor Cpm Edi Nuryanto, S.Pd., mewakili Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf  Ade Afri Verdaniex, S.I.P., yang dihadiri Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST.,  Wakapolres Pemalang Kompol Gunawan Wibisono, S. Kom.,  S.I.K., M.H., Forkopimcam Belik,  anggota Kodim 0711 Pemalang, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pemalang,  Kades se kecamatan Belik, Ketua KTH Rimba Agro Abadi Rohmat,  Ormas Pemuda Pancasila, Banser, GMBI, Pecinta Alam  Shabawana, Persit KCK Cab. XXI Kodim 0711/Pemalang dan masyarakat.

Atas terselenggaranya kegiatan ini, Kepala Desa (Kades) Mendelem Sairin, mengucapkan terima kasih dan rasa bangganya kepada Kodim 0711/ Pemalang beserta jajaran yang telah melaksanakan program reboisasi penghijauannya di desanya.

“Kami dan masyarakat desa Mendelem merasa terhormat dan berbahagia atas kedatangan Bapak-bapak Unsur Forkopimda Pemalang beserta rombongan di desanya, semoga kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi kita semua” pungkasnya

Selanjutnya dalam sambutannya Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf  Ade Afri Verdaniex, S.I.P., yang disampaikan oleh Kasdim Mayor Cpm Edi Nuryanto, S.Pd., mengatakan pada hari ini kita melaksanakan program reboisasi penghijauan Kodim 0711/Pemalang tahun 2023 dengan menanam kembali 3000 bibit pohon antara lain  1000 bibit pohon balsa, 1000 bibit pohon mahoni dan 1000 bibit pohon albasia seluas 5 Ha di Kawasan Perhutanan Sosial Kelompok Tani Hutan (KTH) Rimba Agro Abadi desa Mendelem kecamatan Belik kabupaten Pemalang.

“Dengan adanya penanaman pohon pada titik-titik (lokasi) yang tepat dapat mengurangi efek dari polusi, sehingga kestabilan alam dapat terjaga. Oleh sebab itu, kami menganggap program reboisasi ini penting untuk dilakukan”, tuturnya.

“Sudah sepantasnya kita memiliki kepedulian terhadap penghijauan dan reboisasi yang ada di indonesia. Terutama saat ini banyak sekali bencana alam yang disebabkan oleh ulah tangan manusia seperti banjir, tanah longsor dan masih banyak lagi lainnya. Selain melakukan reboisasi, masyarakat dituntut untuk melakukan penghijauan di halaman rumahnya sendiri dan melakukan tebang pilih agar hutan terhindar dari kegundulan”, Pesannya. 

Sementara  Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST.,  menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Pemalang  saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dandim 0711/Pemalang beserta segenap jajarannya yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan reboisasi/penghijauan pada hari ini.
 
Lebih lanjut menurut Plt Bupati, kegiatan reboisasi penghijauan ini, dapat kita jadikan momentum strategis dalam upaya mengantisipasi dampak bencana kekeringan dan kerusakan alam. 

Pada akhir sambutannya Plt Bupati mengajak kepada para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda, serta stakeholders terkait lainnya, untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan dan alam sekitarnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman secara simbolis oleh Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST.,  diikuti oleh unsur Forkopimda dan seluruh tamu undangan.

Editor : Himawan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kurangi Dampak Pemanasan Global, Kodim Pemalang Tanam Ribuan Pohon Di Mendelem

Trending Now

Iklan