Iklan

Jelang Nataru, Polresta Cilacap Laksanakan Sterilisasi Tempat Ibadah

SuaraNegeri.com
23 Desember 2022 | 14:45 WIB Last Updated 2022-12-23T07:45:29Z

SUARA NEGERI | CILACAP — Jajaran personil Sat  Samapta Polresta Cilacap, yang dipimpin oleh Kanit 2 Dalmas Ipda Kukuh Saetyadi, S.H Jumat (23/12/2022) melakukan penyisiran dan sterilisasi sejumlah gereja di Kabupaten Cilacap. Dalam penyisiran ini, Polresta Cilacap menggunakan anjing pelacak.

Salah satu gereja yang disterilisasi adalah Gereja Kristen Indonesia di Jl RE Martadinata Cilacap. Di gereja ini, penyisiran dilakukan  menggunakan anjing pelacak bom atau bahan bahan peledak, baik di dalam lingkungan gereja dan  di luar. 

Selain menggunakan anjing pelacak, sterilisasi juga dilakukan dengan  menggunakan metal detektor untuk mencari bahan-bahan yang mencurigakan. 

Menurut Kasi Humas Polresta Cilacap,  Iptu Gatot Tri Hartanto, S.H, kegiatan penyisiran dan sterilisasi sedini mungkin dapat mencegah kemungkinan munculnya ancaman yang berasal dari aksi terorisme, maupun gangguan Kamtibmas lainnya. 

Ia menjelaskan, penyisiran atau sterilisasi dilakukan  dengan sasaran benda-benda yang mencurigakan, seperti bahan peledak dan barang mencurigakan lainnya. 

“Setelah pengecekan atau penyisiran,  lokasi gereja akan ditutup, kemudian baru akan dibuka saat misa Natal berlangsung,“ tegasnya. 
 
Dalam perayaan Natal tahun ini secara ketat dijaga oleh petugas kepolisian dibantu dari unsur TNI, dan Ormas, serta keamanan dari pihak gereja.

“beberapa gereja yang ada diwilayah kabupaten Cilacap akan dijaga secara ketat, namun ada prioritas khusus untuk gereja dengan jumlah jemaat yang lebih banyak, kita juga akan optimalkan pengamanan dari pihak gereja,” pungkasnya. ( Agus P )
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Nataru, Polresta Cilacap Laksanakan Sterilisasi Tempat Ibadah

Trending Now

Iklan