Iklan

Waspada Krisis Global, Fuad Bawazier: Jangan Habiskan Anggaran Rp 1.200 T Asal-asalan

SuaraNegeri.com
01 November 2022 | 12:25 WIB Last Updated 2022-11-01T05:25:46Z

SUARA NEGERI | JAKARTA — Ekonom Fuad Bawazier kembali mengingatkan pemerintah, hal ini guna merespon perintah Menkeu Sri Mulyani kepada Kementerian/Lembaga untuk menghabiskan anggaran belanja negara tahun 2022.

Menurutnya, Anggaran belanja APBN 2022 senilai Rp 1.200 T yang belum terpakai harus benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. 

"Jika tidak ada kebutuhan mendesak hingga akhir tahun, anggaran tersebut lebih baik dimanfaatkan untuk tahun depan," katanya kepada awak media, hari ini.

Mantan Menteri Keuangan RI era Presiden Soeharto itu mengingatkan juga, jika dihabiskan secara jor-joran tanpa manfaat, sangat beresiko. 

Oleh sebab itu, Fuad menyarankan agar anggaran tersebut dimasukkan ke dalam Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA).

"Kalau tidak terserap ya apa boleh buat, tapi jangan dipaksakan atau mengada-ada. Yang tidak terserap dijadikan saldo atau sisa anggaran lebih dan dimanfaatkan untuk tahun anggaran yang akan datang,” tegasnya, Selasa (1/11).

Bukan tanpa sebab. Fuad menilai sisa anggaran biasanya dihabiskan kementerian, lembaga, dan daerah untuk keperluan yang tidak penting.

Lagi, pihaknya mengingatkan kepada pemerintah untuk lebih efisien dalam mengelola anggaran di tengah himpitan krisis global saat ini.

"Selama ini memang sudah umum terjadi bahwa anggaran dipakai saja biar habis walaupun asal-asalan. Kita harus efisien dan efektif dalam anggaran,” pungkasnya.
 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Waspada Krisis Global, Fuad Bawazier: Jangan Habiskan Anggaran Rp 1.200 T Asal-asalan

Trending Now

Iklan