Gubernur Sulteng dan NRC Korea Selatan Sepakat Bekerjasama

SuaraNegeri.com
07 Oktober 2022 | 13:52 WIB Last Updated 2022-10-07T06:52:39Z

SUARA NEGERI | PALU – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura mengunjungi Korea Seatan, pada Kamis (6/10).

Kunjungan ke National Research Council (NRC) Korea Selatan tersebut atas inisiatif K-Woter (BUMN) negeri ginseng itu karena mereka telah bekerjasama dalam banyak bidang seperti project air bersih dan energi baru terbaharukan.

Dalam pertemuan dengan NRC, Rusdy Mastura diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal Ilpyo Hong didampingi oleh direktur kembaga pengembangan kawasan strategis dan lembaga kajian lingkungan hidup..

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal (Sekjend) NRC menyambut baik kedatangan dan keinginan Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura untuk bekerja sama dengan NRC, khususnya di bidang pengembangan riset dan pembangunan kapasitas SDM.

National Research Council (NRC), adalah lembaga thinktank dan strategis global masa depan Korea Selatan yang secara terus menerus melahirkan visi baru bagi Korea Selatan yang berada di bawah langsung oleh perdana menteri.

Pada tahun 2018 dengan Kementrian Perindustrian telah menandatangani MOU tentang kerjasama penelitian (research cooporatoon) untuk Indonesia 4.0.

Project komponen dalam MoU tersebut yaitu joint research, capacity building, dan networking build up.

Oleh karena itu, NRC sangat penting menjabarkan kegiatan-kegiatan nyata ke level yang lebih praktis di Sulawesi Tengan atas MOU yang sudah ditandatangani dengan pemerintah RI.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura juga sangat menyambut baik dan sungguh-sungguh atas apresiasi tersebut karena memang Sulawesi Tengah yang gencar membangun membutuhkan rancangan dan rencana yang lebih moderen, berkelanjutan dan berpegang ketat pada kaidah-kaidah kelestarian lingkungan hidup.

Bahkah Rusdy Mastura secara tegas akan menjadikan Korea Selatan sebagai mitra utama untuk perencanaan dan percepatan pembangunan di Sulteng, mengingat sumberdaya alam dan geopolitik strategis Sulteng setelah adanya ibu kota Nusantara (IKN).

Kedua belah pihak sepakat akan mengkongkritkan kerjasama yang lebih membumi untuk kemajuan pembangunan di Sulteng yaitu :

1. kerjasama peninkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang penelitian dan perencanaan kebijakan melalui pendidikan dan magang.

2.Restrukturisasi Perencanaan Kawasan, dalam hal ini ada tiga yang akan dijadikan pilot yaitu KPN (pangan), KEK dan kawasan baru di Banggai.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura berharap agar pembicaraan ini segera ditindaklanjuti dan mengundang NRC berkunjung ke Sulteng dan undangan tersebut disambut baik.

Kunjungan Rusdy Mastura ke Korra ini didampingi dua pimpina  OPD, Bupati Tojo Unauna dan Tenaga Ahli Ridha Saleh.(Rls/Dhankz)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Sulteng dan NRC Korea Selatan Sepakat Bekerjasama

Trending Now

Iklan