Usai Lebaran, Basarnas Bakal Gelar Latihan di Kepulauan Selayar

SuaraNegeri.com
19 April 2021 | 02:31 WIB Last Updated 2021-04-18T19:31:34Z

SUARA NEGERI ■ Kepala Basarnas Sulawesi Selatan Dr Junaidy, S.Sos., M.M., Mar., melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Selayar, bersama dengan rombongan tiba di Selayar melalui Pelabuhan Pamatata, pada  Minggu (18/4/2021).

Kepala Basarnas Sulsel diagendakan akan melakukan silaturahmi dengan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Kapolres, Dandim/1415 Selayar. 

Kapala Basarnas Sulsel, Dr. Junaidy saat ditemui di Kantor SAR POS Selayar mengatakan, bahwa kunker kali ini sekaligus dalam rangka menindaklanjuti usulan Pemerintah Kepulauan Selayar yang mengusulkan SAR Pos Selayar menjadi kantor Basarnas Kepulauan Selayar.

"Pemerintah Daerah Kepulauan Selayar telah mengusulkan SAR Pos Selayar menjadi kantor Basarnas Kepulauan Selayar, ke Badan SAR Nasional, melalui Kantor Basarnas Provinsi Sulsel," ungkap Junaidy.

Menurut Kepala Basarnas Sulsel yang pernah bertugas di Selayar pada tahun 2007 dan juga sekaligus perintis berdirinya SAR Pos Selayar mengatakan, Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki letak geografis yang harus didukung dengan kehadiran kantor Basarnas. 

"Kajian sudah saya buat, nanti kami sama-sama dengan Pemerintah Daerah menghadap langsung Kepala Badan SAR Nasional," ucap Junaidy.

Karena itu, kadang banyak kecelakaan laut yang tidak terpantau, ditambah lagi dengan fasilitas dan personil SAR Pos Selayar yang masih terbatas.

"Kalau statusnya sudah menjadi kantor, maka SAR Pos Selayar sudah bisa mendapatkan kapal rescue dengan ukuran minimal 40 meter, kemudian akan ada penambahan personil," jelas Junaidy. 

Junaidy juga menambahkan, jika status SAR Pos Selayar ini sudah menjadi kantor Basarnas Selayar, maka kedepannya kita membentuk Pos SAR di Jampea, Pos SAR di Bonerate dan Pos SAR di Pasilambena. 

Ia juga menyampaikan, pihaknya akan melaksanakan latihan SAR Daerah dan potensi SAR tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang akan ditempatkan di Kepulauan Selayar. 

"Setelah lebaran, kita agendakan melaksanakan latihan SAR Daerah dan potensi SAR tingkat Provinsi Sulsel, terutama water rescue," ujarnya.(Tim).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Usai Lebaran, Basarnas Bakal Gelar Latihan di Kepulauan Selayar

Trending Now

Iklan