Cegah Banjir, Puluhan Personel TNI Bersihkan Eceng Gondok di Saluran Sungai Mlaten

SuaraNegeri.com
14 Desember 2020 | 18:41 WIB Last Updated 2020-12-14T11:41:15Z
Cegah Banjir, Puluhan Personel TNI Bersihkan Eceng Gondok di Saluran Sungai Mlaten

SUARA NEGERI ■ Puluhan personel TNI dari Koramil 05/Mijen Kodim 0716/Demak bersama warga Desa Mlatendan dan instansi terkait melaksanakan kerja bakti membersihkan sungai sepanjang 300 meter di Desa Mlaten, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, pada Senin 14/12/2020.

Sungai di Kelurahan Mlaten dipenuhi oleh tumbuhan eceng gondok. Tumbuhan enceng gondok tumbuh dan menyebar menutupi sebagian besar permukaan air sungai. 

Menurut Danramil 05/Mijen Kapten Arh Jalalul Hadi, pesatnya pertumbuhan eceng gondok di sungai Mlaten ini menandakan bahwa adanya banyak bahan tercemar yang terdapat di air sungai, seperti pupuk kimia, detergen, dan limbah rumah masyarakat.

Oleh karenanya, pihaknya mengerahkan puluhan TNI, dan bersama masyarakat setempat kerja bakti guna membersihkan sungai Mlaten tersebut. 

"Kerja bakti pada pagi hari ini merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan pembersihan sungai Mlaten tersebut dilakukan untuk mengantisipasi bahaya banjir saat datangnya musim hujan dan mengurangi resiko penyakit demam berdarah," katanya. 

Danramil 05/Mijen Kapten Arh Jalalul Hadi menambahkan, selain mengantisipasi bahaya banjir saat datangnya musim hujan dan mengurangi resiko penyakit demam berdarah, kegiatan kerja bakti ini merupakan sarana dalam memberikan kesadaran bagi masyarakat agar lebih peduli pada kebersihan sungai. 

"Kegiatan bersih-bersih sungai pada saat sekarang ini dilakukan mengingat musim hujan telah tiba," katanya.

Dengan adanya kerja bakti tersebut, Danramil berharap, air yang mengalir nantinya akan lebih lancar. Dengan pembersihan enceng gondok dan sampah-sampah yang ada di sungai, diharapkan potensi terjadinya banjir dapat diminimalisir.

“Kami juga menghimbau agar warga juga tidak membuang sampah sembarangan agar tidak menyumbat laju sungai Mlaten yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir,” tutup Danramil. (Pendim/R-01)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cegah Banjir, Puluhan Personel TNI Bersihkan Eceng Gondok di Saluran Sungai Mlaten

Trending Now

Iklan