Kapal Berpenumpang 137 Orang Kandas Dekat Pelabuhan Padangbai

SuaraNegeri.com
21 Juni 2023 | 22:05 WIB Last Updated 2023-06-21T15:05:16Z

SUARA NEGERI | BALI — KMP Rodita  yang kandas di perairan Pelabuhan Padangbai Kabupaten Karangasem, Selasa (20/6/2023) malam sekitar pukul 19.10 Wita. Kapal yang membawa 137 penumpang dan 18 ABK berangkat dari Pelabuhan Lembar menuju Pelabuhan Padangbai. Pada saat akan sandar,  KMP Rodita kandas, berjarak kurang lebih 200 meter dari dermaga 2. Kondisi tersebut diakibatkan karena kuatnya arus laut.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima informasi dari Gusman, dan segera memberangkatkan 4 personil tim SAR dari Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem. Setibanya di lokasi, tim SAR gabungan menggerakkan rubber boat mendekati kapal. 

Proses evakuasi sempat terkendala karena ramdom kapal tidak berfungsi. "Dengan mempertimbangkan prediksi pasang surutnya air laut maka kami lakukan koordinasi dengan Perusahaan Pertamina untuk melakukan penarikan menggunakan Tugboat Transkodara," jelas I Wayan Suwena, S.H., Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Bali. Selama proses penarikan tim yang berada di rubber boat tetap memantau pergerakan. 

Akhirnya pada pukul 23.00 Wita KMP Rodita berhasil sandar di dermaga 1 Pelabuhan Padangbai. "Seluruh POB yang berada di kapal sudah terevakuasi dan dalam keadaan selamat dan sehat," tutup Suwena. Selain Basarnas Bali, nsur SAR gabungan yang terlibat diantaranya Polair Polres Karangasem, Ditpolair Polda Bali Pos Padangbai, Bakamla Bali, BPBD Karangasem, Perusahaan Pertamina serta masyarakat setempat. (ay/hmsdps)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapal Berpenumpang 137 Orang Kandas Dekat Pelabuhan Padangbai

Trending Now

Iklan