KRI Frans Kaisiepo-368 Laksanakan Passex Di Laut Mediterania

Redaksi Utama
12 Maret 2023 | 12:56 WIB Last Updated 2023-03-12T05:56:34Z

SUARA NEGERI | JAKARTA — KRI Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL melaksanakan Passing Exercise dengan Kapal Perang ITS Andrea Doria D-553 yang tengah melaksanakan operasi keamanan maritim sebagai wujud diplomasi Angkatan Laut, di Laut Mediterania di bawah Combined Maritime Forces, Jumat (10/03/2023).
 
Menurut Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL, Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh, Kapal Perang kedua Negara saling berkolaborasi serta unjuk kemampuan manuver dan profesionalisme dalam rangka menguji interoperabilitas dan kesiapsiagaan operasional. 

“Latihan ini merupakan wujud diplomasi Angkatan Laut yang selain berkontribusi pada keberhasilan misi perdamaian dan membangun kepercayaan, juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme, mempertajam naluri tempur, dan memperkuat kerja sama”, terang Letkol John David 
 
Latihan dengan kapal destroyer negara Italia tersebut diawali dengan steam-pass sebagai bentuk penghormatan yang dilanjutkan dengan pertukaran personel menggunakan Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB). Latihan berlanjut dengan maritime picture compilation, advance maneuver, flag hoist, replenishment at sea approach, dan photo exercise. 

Dalam latihan ini, KRI Frans Kaisiepo-368 juga melaksanakan operasi heli dengan menerbangkan Helikopter Panther HS-1306 untuk melaksanakan Intelligence, Surveillance and Reconnaissance (ISR) serta foto udara. Menutup gelaran latihan, kedua Kapal Perang melaksanakan farewell sail past dengan penghormatan dan formation break away. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KRI Frans Kaisiepo-368 Laksanakan Passex Di Laut Mediterania

Trending Now

Iklan