Bakamla RI Kunjungi Japan Coast Guard

SuaraNegeri.com
25 Februari 2023 | 04:09 WIB Last Updated 2023-02-24T21:09:13Z

SUARA NEGERI | TOKYO — Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan kunjungan kerja ke Markas Besar Japan Coast Guard di Tokyo, Jumat (24/2/2023).

Kedatangan Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia beserta rombongan disambut hangat oleh Komandan JCG, Admiral Ishii Shohei. Adapun agenda pertemuan tersebut adalah membahas evaluasi kerjasama dan rencana peningkatan kerjasama di masa datang.

Sebagaimana diketahui bahwa Bakamla dan JCG telah menandatangani Memorandum of Cooperation (MOC) tahun 2019 dan telah diperbaharui tahun 2022 lalu untuk jangka waktu 5 tahun ke depan atau sampai tahun 2028.

Dalam pembukaannya, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang telah terjalin dalam bentuk peningkatan kapasitas personel dan pelatihan bersama. Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia juga mengharapkan ada peningkatan kerjasama dalam bentuk pertukaran informasi antar Puskodal sehingga mendorong penguatan maritime situational awareness.

Admiral Ishii Shohei juga menanggapi dengan apresiasi tinggi dan berkomitmen untuk terus menjalin kerjasama lebih erat dengan Bakamla RI sebagai point of contact dalam aspek keamanan maritim untuk menjamin kepentingan nasional nya yang melewati perairan Indonesia.

Dalam kunjungan ke JCG, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dan rombongan berkesempatan mengunjungi Kapal JCG PL31 Izu di Dermaga Yokohama Maritime Disaster Prevention Base.

Kedatangan rombongan disambut oleh Kepala Base RADM Soma Jun yang memberikan penjelasan singkat tentang pangkalan Coast Guard di Yokohama tersebut dan dilanjutkan dengan inspeksi PL31 Izu dengan didampingi komandan kapal Captain Kentaro Furiya. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bakamla RI Kunjungi Japan Coast Guard

Trending Now

Iklan