Iklan

Dua Rumah Warga di Desa Asinan, Retak Akibat Tanah Gerak

SuaraNegeri.com
07 November 2022 | 21:11 WIB Last Updated 2022-11-07T14:11:43Z

SUARA NEGERI | BANJARNEGARA — Sejumlah rumah warga di Kabupaten Banjarnegara, Kecamatan Kalibening Banjar bagian atas, tepatnya di Desa Asinan mengalami retak-retak cukup parah akibat tanah gerak.

"Hujan menyebabkan tanah di daerah ini labil dan berdampak terhadap bangunan yang ada di atasnya," kata Kepala Desa (Kades) Asinan Heru Purwoko, Senin (7/11/2022) di lokasi.


Kejadian longsor, sejumlah rekahan tanah tak jauh dari hunian warga. 

Diduga, pergeseran tanah itu menyebabkan fondasi bangunan yang ada di atasnya ikut tertarik dan menyebabkan sedikitnya 2 (dua) rumah yakni ibu Kenes supriyadi Rt02/Rw02 dan Bapak Rustam rusmanto Rt02/Rw01 Kadus 1 (satu) retak-retak di bagian lantai dan dinding, serta ruangan kamar. 

Bahkan satu bangunan dapur milik warga Rustam rusmanto terbelah

Retakan pada bangunan yang mau roboh ini sudah muncul sejak sepekan sebelumnya, dan kini menjalar hingga ke bangunan utama. Bahkan pondasi yang menghubungkan antara bangunan dapur dan utama juga patah

Kejadian tersebut sudah dilaporkan ke BPBD Kabupaten Banjarnegara. 

Sementara ini, untuk ibu kenes yang rumahnya tidak bisa di tempati mengungsi ketempat saudara untuk sementara waktu, dan dari BPBD sudah ada bantuan sarimi, gula, kopi, dan juga bantuan Beras dari Bpk annas katanya.

"Kita dari pemerintahan Desa rencana akan menyiapkan tanah kas Desa untuk dibangun dan ditempati, akan tetapi tidak berhak untuk menjual karena ini tanah milik negara ujarnya," Heru Purwoko (Kades) Asinan.

Pihak pemerintah Desa masih melakukan komunikasi dengan instansi terkait membahas bencana tanah gerak yang terjadi ini. (Agus P/On)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dua Rumah Warga di Desa Asinan, Retak Akibat Tanah Gerak

Trending Now

Iklan