Keren! Satgas Pamtas Adakan Pesantren Kilat Kepada Anak-anak Perbatasan

SuaraNegeri.com
24 April 2022 | 12:09 WIB Last Updated 2022-04-24T05:09:03Z
 

SuaraNegeri.com - MERAUKE | Pesantren kilat adalah pesantren yang diadakan dalam waktu singkat dan merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter islami pada anak-anak usia dini. Melalui kegiatan pesantren kilat pula dapat menambah ilmu Agama, membina akhlakul karimah, anak kepada orang tua agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif. 

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW memiliki tanggung jawab untuk membina dan mendidik anak-anak di perbatasan, yang beragama islam, pada bulan Ramadhan 1443 H/2022 M ini juga membuat kegiatan pesantren kilat, salah satunya kegiatan dilaksanakan di Masjid Al Huda kampung Bupul binaan Pos Kotis Distrik Eligobel Kabupaten Merauke.

Letda Inf Eko Sucipto selaku ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan Kegiatan yang digelar mulai tanggal 19 April s.d 22 April 2022 dengan materi keagamaan diantaranya Pengetahuan dan tata cara Ibadah Puasa, Pengenalan Tajwid, Cerita Nabi dan Rasul, Tadarus AL-Qur’an dan Hafalan serta Tata Cara Sholat, kemudian dilanjutkan dengan perlombaan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 23/04/2022 diantaranya Perlombaan hafalan surat-surat pendek, dan Tata Cara Sholat yang membuat anak-anak sangat antusias, sedangkan pengisi materi dan juri dalam perlombaan diambil dari para Prajurit satgas Pos Kotis.

“Di samping untuk memperkenalkan kepada anak-anak usia dini juga menjadikan masjid sebagai wadah mempersatukan umat dalam memberikan pendidikan agama islam sejak dini untuk membentengi akhlak dan moralnya. Disamping itu jaga kegiatan ini bisa menjadi tempat silahturahmi dan menambah kedekatan antara anggota satgas Yonif 123/Rajawali dengan masyarakat kemudian untuk anak-anak yang terbaik akan di berikan hadiah serta piagam yang langsung diserahkan oleh Dansatgas Pamtas Yonif 123/Rajawali.


Selaku pengurus Masjid Al Huda Sipias dan Orang Tua Peserta Pesantren Kilat Bapak Sagimin (52) mengucapakan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Satgas Pamtas Yonif 123/RW yang telah mengadakan kegiatan pesantren kilat bagi anak-anak kami, karena selama ini tidak pernah ada kegiatan pesantren kilat di kampung kami.

Dansatgas Pamtas Yonif 123/RW Letkol Ing Goklas P. Silaban mengatakan, bahwa seluruh jajaran Satgas Pamtas Yonif 123/RW diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan positif dan berdampak bagi Masyarakat seperti pesantren kilat, safari Ramadhan, pembagian sembako, tadarusan, yang di gelar selama bulan suci Ramadhan ini. 

"Adapun tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME bersama masyarakat di wilayah binaan," pungkasnya.

Redaktur :Himawan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keren! Satgas Pamtas Adakan Pesantren Kilat Kepada Anak-anak Perbatasan

Trending Now

Iklan