-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Halaman Depan

    SUARA NEGERI

    Aksi Heroik Sertu Suparto Robek Baju Lorengnya, Mendapat Apresiasi Pangdam IX/Udayana

    SuaraNegeri.com
    21 Maret 2022, 17:04 WIB Last Updated 2022-03-21T10:04:18Z

    SUARANEGERI.com, BALI — Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., mengapresiasi atas perbuatan terpuji yang dilakukan oleh Sertu Suparto, yang telah menolong korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi di depan Kantor Koramil 1610-01/Klungkung.

    Sebagai wujud apresiasi pimpinan Kodam IX/Udayana, pada Senin (21/3/2022), Pangdam IX/Udayana memberikan penghargaan kepada Babinsa Semarapura Klod Kangin, Koramil 1610-01/Klungkung di Ruang Tamu Pangdam IX/Udayana Makodam, terkait aksi heroiknya saat membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan. 

    "Pada kesempatan yang baik ini, sengaja saya mengundang dan menerima Sertu Suparto yang dihadiri juga oleh Pejabat Utama (PJU) Kodam, untuk memberikan apresiasi kepada Sertu Suparto atas tindakan yang dilakukannya untuk membantu warga. Hal ini bukan pencitraan yang direkayasa, tapi ini murni panggilan tugas yang wajib dilaksanakan oleh setiap prajurit," ungkap Pangdam.

    Terkait tindakan yang dilakukan oleh Sertu Suparto, Pangdam mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kewajiban sebagai Anggota TNI AD yang memegang teguh Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, dimana salah satu butirnya menyebutkan 'Menjadi Contoh dan Mempelopori Usaha-Usaha Untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat Sekelilingnya'.

    "Dengan apresiasi ini, saya berharap agar ini dijadikan motivasi untuk seluruh prajurit Kodam IX/Udayana lainnya, untuk selalu berbuat yang sama dalam membantu masyarakat sekelilingnya," harap Pangdam.


    Selain itu, Pangdam juga menyebutkan bahwa Kodam IX/Udayana juga berupaya melakukan program dan non program untuk mengatasi kesulitan rakyat seperti memperkecil angka stunting, serta mengatasi kekeringan dengan membuat sumur bor dan pompa hidram untuk pertanian, sehingga dapat meningkatkan produktivitas  dan kesejahteraan masyarakat di Bali, NTB dan NTT.

    Saat dikonfirmasi usai diberikan penghargaan, Babinsa Semarapura Klod Kangin Sertu Suparto mengungkapkan bahwa yang dilakukannya secara spontanitas saat itu berawal dari rasa kemanusiaan sebagai tugas Babinsa di lapangan yang telah didoktrin untuk mengayomi, melayani dan membantu masyarakat disekelilingnya.

    "Sebenarnya kami tidak mau untuk merobek baju kami, tapi apa boleh buat, apa yang kami gunakan ini semua dari rakyat, jadi kami relakan dan kembalikan untuk rakyat, terlebih disituasi seperti saat itu," ujar Babinsa asal Jember Jawa Timur tersebut.

    Saat ditanya tentang perasaannya setelah menerima penghargaan dari Pangdam, dengan kerendahan hati Sertu Suparto menjawab, “sebenarnya kami tidak mengharapkan apapun, sebab yang kami lakukan itu sudah menjadi kewajiban kami sebagai anggota TNI AD yang didasari dengan rasa kemanusiaan,” ungkapnya.

    Aksi heroik Sertu Suparto juga mendapat apresiasi secara lisan oleh Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, S.H., M.Si., yang menurutnya pada saat kejadian kecelakaan tersebut, semua anggota Koramil memberikan atensi, sehingga pada saat itu mereka menunda apel pagi yang sebenarnya sudah waktunya demi langsung menolong korban. 

    "Saya bangga dengan prajurit saya ini (Sertu Suparto) yang telah berkorban untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan. Saya mengucapkan terimakasih kepada Pangdam. Penghargaan ini merupakan kehormatan bagi pak Suparto karena telah menjalankan tugasnya sebagai prajurit TNI dengan baik," tandasnya. (*)

    Comment

    Tampilkan

    LATEST NEWS