-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kenang Jasa Prajurit ALRI, Pangkoarmada II Kunjungi Monumen Perjuangan TNI AL Wana Samudera Tegal

    SuaraNegeri.com
    26 Agustus 2021, 15:12 WIB Last Updated 2021-08-26T08:12:26Z
     

    SUARA NEGERI ■ Tidak sekali-kali melupakan jasa serta pengorbanan para prajurit ALRI saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di masa agresi militer Belanda, Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) mengunjungi  Monumen Perjuangan TNI AL Wana Samudera yang berada di kecamatan  Kalibakung, Kabupaten Tegal, pada Kamis (26/8/2021).

    “Pengorbanan dan perjuangan para pejuang serta para prajurit ALRI saat masa kemerdekaan maupun sewaktu mempertahankan kedaulatan Bangsa Indonesia, sepatutnya jangan sampai kita lupakan. Kita jadikan inspirasi dan motivasi untuk  memberikan yang terbaik bagi negara saat ini, terlebih di masa pandemi. Karenanya TNI AL khususnya Koarmada II pantang menyerah membantu pemerintah dan rakyat dalam perjuangan melawan Covid-19,” tutur Laksda Iwan ditengah kunjungan.

    Kunjungan yang juga diikuti oleh Asops, Aspers, dan Aslog  Pangkoarmada II, Kadispen Koarmada II, Komandan Lanal Tegal, serta Kepala Desa Kalibakung ini dilaksanakan disela kegiatan Serbuan Vaksinasi bagi masyarakat maritim Tegal, yang diinisiasi oleh Koarmada II bekerja sama dengan Pemkab Tegal. 

    Sebanyak 30.000 dosis vaksin telah disiapkan selama pelaksanaan vaksinasi dari tanggal 25-26 Agustus 2021.

    Sementara itu, disela kunjungan, Laksda Iwan  juga menyempatkan waktu untuk berziarah ke makam leluhur Kalibakung,  Raden Bayu Manik Luhur serta makam Prajurit ALRI dan Syuhada korban pembantaian Belanda pada agresi militer Belanda tahun 1946.

    Monumen TNI AL Wana Samudera memiliki sejarah tersendiri.  Berawal saat  Panglima Daeral IV Laksamana Muda TNI Atmodjo Broto Darmodjo meresmikan Tugu Prasasti Kalibakung pada tanggal 12 Mei 1978, untuk mengenang dan menghargai pahlawan. Tugu prasasti  didirikan di atas lahan aset TNI AL seluas 1, 7 hektar. Saat itu di hari yang sama, Pangdaeral IV juga meresmikan dua prasasti lainnya di gedung Sekolah SAL  dan gedung DPRD Kota Tegal.

    Lantas pada tanggal 26 Juni 2018, lahan Kalibakung dan tugu monumen mengalami renovasi atas gagasan dari  Letkol Laut (P) Agus Haryanto, S.E. selaku Komandan Lanal Tegal pada masa itu. Setelah direnovasi dengan tinggi 6 meter, kemudian panjang bangunan 22 meter dan lebar 13 meter dengan patung Garuda setinggi 4 meter,  tugu monumen perjuangan TNI AL Wana Samudera diresmikan kembali pada tanggal 22 Desember 2018 oleh Komandan Lanal Tegal. (Red).

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru