Lindungi Pantai Dari Abrasi, Satgas Madago Raya Tanam 1000 Pohon Bakau

SuaraNegeri.com
28 Juni 2021 | 17:44 WIB Last Updated 2021-06-28T10:44:16Z

SUARA NEGERI ■ Bertempat di Desa Tokorondo Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso Sulawesi Tengah Satgas Madago Raya 2021 tanam 1000 pohon bakau dipesisir pantai sekitar Posko Operasi Madago Raya, Desa Tokorondo, Kab. Poso, pada Senin (28/06/2021).

Penanaman pohon bakau ini di lakukan untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan daratan, tumbuhan mangrove ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami. 

Oleh karena itu, manfaat penanaman mangrove sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam. Berangkat dari kepedulian Kapolda Sulawesi Tengah selaku Penanggung Jawab Kebijakan Operasi Madago Raya 2021 yang melihat abrasi disekitar bibir pantai Desa Tokorondo, sehingga memberikan bantuan berupa bibit pohon bakau sebanyak 1000 batang untuk ditanam di sekitar pantai Desa Tokorondo.

Kasatgas Humas melalui Wakasatgas Humas Ops Madago Raya AKBP Bronto Budiyono, SIK mengatakan, "Ditengah tengah kesibukan pengejaran sembilan kelompok DPO Teroris kelompok MIT Poso, prajurit TNI-Polri yang tergabung dalam tugas operasi Madago Raya 2021 melaksanakan penanaman bibit pohon bakau di bibir pantai Desa Tokorondo dan sepanjang pos kotis Operasi Madago Raya 2021 untuk mencegah abrasi pantai," katanya, hari ini, di Poso, (28/6/21). 

Bronto juga mengatakan “bukan hanya fokus pada pengejaran kelompok pelaku tindak pidana terorisme, kapolda juga peduli terhadap kesehatan masyarakat guna menekan laju penyebaran virus Covid-19 dengan memberikan vaksin Covid-19 di beberapa tempat wilayah operasi Madago Raya 2021," imbuhnya. 

Terpisah, Ipda Husaeri selaku panitia pelaksana mengungkapkan, "pelaksanaan penanaman pohon bakau ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI-Polri yang tergabung dalam operasi Madago Raya, sebanyak 1000 bibit pohon bakau bantuan bapak Kapolda akan ditanam sepanjang pesisir pantai Tokorondo khususnya seputaran poskotis Tokorondo". 

■ Jamal /hms


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lindungi Pantai Dari Abrasi, Satgas Madago Raya Tanam 1000 Pohon Bakau

Trending Now

Iklan