Kapolda Sulteng Lantik 211 Bintara Polri di SPN Polda Sulteng

SuaraNegeri.com
28 Juni 2021 | 17:38 WIB Last Updated 2021-06-28T10:38:16Z

SUARA NEGERI ■ Setelah berlatih dan belajar ilmu Kepolisian selama tujuh bulan di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Sulteng, siswa pendidikan pembentukan Bintara Polri pada hari dilantik menjadi Bintara Polri.

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso bertindak selaku Inspektur upacara penutupan, pelantikan dan pengambilan sumpah pendidikan pembentukan Bintara Polri T.A 2020/2021 di SPN Polda Sulteng, pada Senin (28/6/2021).

Sebanyak 211 siswa Bintara Polri telah resmi menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) dan telah bersumpah dan berjanji antara lain akan taat dan setia kepada Panca Sila, UUD 1945, Tri Brata, Catur Prasetya dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta pemerintah yang sah.

Dalam amanatnya Kapolda Sulteng membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, antara lain mengatakan dengan berakhirnya program pendidikan ini, maka Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat Bintara sebanyak 11.198 orang terdiri dari 10.638 polisi laki-laki dan 560 polisi wanita.

Mulai hari ini, pada diri saudara-saudara sekalian telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara yang dituntut untuk senantiasa harus mampu diaktualisasikan dalam setiap sikap, tutur kata dan prilaku hidup baik didalam maupun diluar kedinasan, sehingga mampu menjadi contoh dan tauladan bagi masyarakat, pesan Kapolri dalam amanatnya.

Terpisah Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Polisi Didik Supranoto kepada media di Palu mengungkapan bahwa setelah dididik, dilatih dan ditempa selama tujuh bulan, dari 211 siswa Bintara Polri, empat diantara memperoleh predikat siswa cendekia yang diraih oleh siswa Chairil pengiriman Polres Tolitoli.

Siswa trengginas diraih Gleri Diki Yohanes dari Polres Parimo, siswa tertabah diraih Ahwan pengiriman Polres Palu dan siswa terbaik diraih Agus Indra Artawan dari Polres Poso.

Didik juga menjelaskan pada saat upacara berlangsung juga dibacakan 37 Bintara Polri lulusan SPN Polda Sulteng yang langsung ditempatkan untuk melaksanakan tugas pada fungsi Kepolisian, hal ini dilihat dari kompetensi yang dimiliki para Bintara Polri, antara lain ditempatkan di Densus 88 Anti Teror Mabes Polri 9 orang.

Korbrimob Polri 7 orang, Ditpolair Baharkam Polri 2 orang, Ditsatwa Korsabhara baharkam Polri 1 orang, Bagwatpers Biro SDM Polda Sulteng 1 orang, Ditreskrim Polda Sulteng 3 orang, TIK Polda Sulteng 13 orang dan penempatan pulau kecil terluar di wilayah Polres Bangkep 1 orang, urai Didik.

Upacara penutupan, pelantikan dan pengambilan sumpah pendidikan pembentukan Bintara Polri yang diselenggarakan SPN Polda Sulteng di Labuhan Kab. Donggala turut di hadiri oleh Gubernur Sulteng yang di wakili staf ahli bidang hokum, Walikota Palu, Irwasda dan Pejabat utama Polda Sulteng, Ketua Daerah Bhayangkari Sulteng dan pengurus serta tamu undangan lain.

■ Jamal /hms
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolda Sulteng Lantik 211 Bintara Polri di SPN Polda Sulteng

Trending Now

Iklan