BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim di Wilayah Jawa Tengah

SuaraNegeri.com
14 Februari 2021 | 15:16 WIB Last Updated 2021-02-14T08:16:01Z
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim di Wilayah Jawa Tengah

SUARA NEGERI ■ Berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan  adanya pola sikonal berupa tekanan rendah di selatan Indonesia yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) serta daerah belokan angin (shear) di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. 

Selain itu didukung dengan suhu muka laut yang cukup hangat , masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Jawa Tengah. 

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Ahmad Yani Semarang memprakirakan dalam periode 3 (Tiga) hari ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan INTENSITAS LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah antara lain :

Tanggal 14 Februari 2021

Brebes, Tegal, Pekalongan, Pemalang, Batang, Kendal, Kota/Kab. Semarang, Demak, Kudus, Pati, Rembang, Jepara, Blora, Purwodadi, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo,Temanggung, Sukoharjo,  Kebumen, Salatiga, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Magelang, Solo, Klaten, Boyolali,  dan sekitarnya

Tanggal 15 Februari 2021

Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal, Batang, Kendal, Kab/Kota Semarang, Temanggung, Cilacap, Salatiga, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Boyolali, Klaten, Sragen, Blora, Purwodadi, Jepara, Demak, Kudus, Kebumen, Wonogiri, Sragen, Karanganyar, Solo, dan sekitarnya.

Tanggal 16 Februari 2021

Magelang, Boyolali, Klaten, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Kab/Kota Semarang, Salatiga, Temanggung, Banjarnegara, Wonosobo, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen,Blora, Purwodadi dan sekitarnya.

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat disertai kilat/petir dan diikuti angin kencang, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Ahmad Yani Semarang membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui:

- website : cuacajateng.com
- follow twitter @cuacajateng;
- IG : @cuaca_jateng
- Facebook: Stasiun meteorologi ahmad yani semarang
- aplikasi iOS dan android "Info BMKG";

Diperbarui: 14 Februari 2021 Pukul 10.00 WIB

Sutikno
Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang
sumber: http://www.bmkg.go.id

■ Himawan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim di Wilayah Jawa Tengah

Trending Now

Iklan