CLOSE ADS
CLOSE ADS

Warga Penakir Antusias Sambut TMMD Sengkuyung Tahap II

Redaksi Utama
08 Mei 2024 | 16:18 WIB Last Updated 2024-05-08T09:18:44Z

SUARA NEGERI | PEMALANG — Kodim 0711/Pemalang Korem 071/Wijayakusuma menggelar upacara pembukaan TMMD Sengkuyung tahap II TA. 2024, bertempat di lapangan desa Penakir kecamatan Pulosari kabupaten Pemalang yang bertemakan “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”, Rabu (8/5/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, ST., dan sebagai Komandan Upacara (Dan Up) Danramil 10/Moga Kapten Arh Nasri serta diikuti pasukan upacara dari Satuan Korsik Pemda Pemalang, Kodim 0711/Pemalang, Lanal Tegal, Polres Pemalang, Satpol PP Kab. Pemalang, Korpri, Linmas Kec. Pulosari, Banser Kec. Pulosari, pelajar SMA dan SMP.

Sebagai tanda dibukanya TMMD Sengkuyung II tahun 2024 di desa Penakir kecamatan Pulosari kabupaten Pemalang, Bupati Pemalang secara simbolis menyerahkan alat peralatan kerja kepada perwakilan pekerja TMMD, penandatangan naskah berita acara dan penyerahan berita acara pelaksanaan TMMD dari  Bupati Pemalang kepada Dansatgas TMMD Sengkuyung tahap II TA. 2024 Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., dilanjutkan pemukulan gong.

Dalam amanatnya Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, ST., menyampaikan bahwa Operasi bakti TNI dilaksanakan dalam berbagai wujud yang salah satunya adalah Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). TMMD merupakan suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah, dengan harapan kesejahteraan masyarakat di daerah juga akan meningkat. Selain sasaran pokoknya, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah, TMMD juga bertujuan sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat.

Selanjutnya menurut Bupati, TMMD Sengkuyung II Tahun 2024 di Kabupaten Pemalang dilaksanakan selama 30 hari dari tanggal 08 Mei sampai dengan 06 Juni 2024 di desa Penakir Kecamatan Pulosari dengan sasaran fisik Pembangunan Jalan Rabat Beton sepanjang 318 m beserta fasilitas pelengkapnya yang menghubungkan dengan Desa Gunungsari Kecamatan Pulosari.

“Program TMMD ini harus kita sukseskan bersama. Program TMMD dapat terlaksana dengan baik apabila adanya gotong-royong dan kerja sama yang saling mendukung dari semua unsur yang terlibat baik TNI, Polri, Pemda maupun Masyarakat”. tuturnya.

Di penghujung sambutannya Bupati meminta, melalui TMMD ini, mari kita gelorakan lagi semangat kolektifitas serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada. Mari kita bangun sarana prasarana, fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa. Tidak hanya itu, program TMMD ini juga harus diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatnya kesehatan lingkungan dan memantapkan kerukunan antar umat beragama dalam rangka mencegah terjadinya konflik SARA,   radikalisme, terorisme dan intoleransi. 

Setelah pelaksanaan upacara Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., bersama unsur Forkopimda dan tamu undangan lainnya menerima paparan dari Danramil 13/Pulosari Kapten Chb Mahmudin tentang pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2024 di desa Penakir.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penamanan pohon penghijauan di sekitar lapangan desa Penakir kemudian Dandim beserta rombongan meninjau lokasi sasaran fisik TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2024 di desa Penakir yaitu Pembuatan talud 1 sepanjang 315 meter, lebar 0,30 meter dan tinggi 1,1 meter. Pembuatan Talud 2  sepanjang 55 meter, lebar 0,40 meter dan tinggi 1,8 meter serta Pembangunan jalan rabat beton sepanang 318 meter, lebar 3 meter dengan ketebalan 0,15 meter

Kegiatan tersebut dihadiri  Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, ST., M. Ling, Komandan Kodim 0711/Pemalang Letkol inf Ade Afri Verdaniex,  S.I.P., Sekda Kab. Pemalang Heriyanto S.Pd.,M.Si., Kasi Barang Bukti Kejaksaan Kab. Pemalang Bruriyanto, SH,  Pengadilan Negeri Pemalang Andi Efenndi,  SH,. MH.  OPD Kab. Pemalang,  Ketua Persit KCK Cab. XXI Kodim 0711/Pemalang Ny. Ade Afri Verdaniex beserta pengurus dan angota, Para Danramil dan Perwira Staf jajaran Kodim 0711/Pemalang,  PJU Polres Pemalang, Danposal Tanjungsari Letda Rudi,  Muspika Kec. Pulosari,  Kades se Kec. Pulosari, Tomas dan Toga Desa Penakir.

Sementara itu,salah seorang warga Penakir kepada Awak media menyampaikan.

"Atas arahan Pak Agus ( Kades Penakir) selama beberapa hari kebelakang, masyarakat bergotong royong memasang Umbul umbul dan Aksesories lainnya untuk menyambut TMMD  yang sudah kita saksikan bersama tadi," Terang Wahri yang juga merupakan salah seorang ketua RT di Desa Penakir.  (Himawan)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Penakir Antusias Sambut TMMD Sengkuyung Tahap II

Trending Now

Iklan