Shahed-238, Drone Kamikaze Iran yang Terkenal Kini Ditenagai Mesin Jet?

SuaraNegeri.com
15 April 2024 | 18:21 WIB Last Updated 2024-04-15T11:21:02Z

SUARA NEGERI | JAKARTA — Setelah ‘kesuksesan gemilang’ drone kamikaze Shahed-136 di Ukraina, Iran telah meluncurkan versi bertenaga jet dari amunisi berkeliaran yang populer, Shahed-238. Mengusung desain yang sama dengan pendahulunya, UAV ini memiliki tiga sub-varian dengan sistem pemandu dan pencari yang berbeda.

Meskipun tidak diketahui apakah drone tersebut telah memasuki produksi massal di Iran, hal tersebut tidak akan terjadi dalam waktu lama, mengingat upaya Teheran untuk memiliki inventaris UAV yang besar dan beragam. 

Menarik juga untuk melihat apakah Rusia mengadopsi fitur mesin jet pada tiruan Shahed-136 miliknya, Geranium-2 (Geran-2).

Laporan sebelumnya mencatat bagaimana Rusia telah mendirikan pabrik drone khusus di Alabuga untuk mereproduksi drone Iran secara eksklusif sebagai bagian dari hubungan industri pertahanan yang sedang berkembang antara kedua negara. 

Namun bisa dibayangkan bahwa Shahed yang bertenaga jet baru tidak akan mengambil pelajaran dari perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Shahed-238, Drone Kamikaze Iran yang Terkenal Kini Ditenagai Mesin Jet?

Trending Now

Iklan