Oknum Wartawan Sekaligus Bos Investasi Bodong Diamankan Polisi

Redaksi Utama
25 April 2024 | 11:03 WIB Last Updated 2024-04-25T04:03:03Z

SUARA NEGERI | SUKABUMI — H (43 tahun), oknum wartawan sekaligus Direktur CV. AAP yang sempat masuk dalam DPO (daftar pencarian orang) Polisi pada kasus investasi bodong sewa gadai hunian dengan kerugian hingga 5 Miliar akhirnya menyerahkan diri, diantarkan Ketua DPD PWRI (Persatuan Wartawan Republik Indonesia) Jawa Barat dan 2 pengurus ke Mapolres Sukabumi Kota, Rabu (24/4/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo melalui Kasat Reskrim, AKP Bagus Panuntun membenarkan informasi tersebut dan menyebut H selaku direktur dan pemilik CV. AAP merupakan oknum wartawan yang diduga terlibat aktif dalam transaksi investasi bodong sewa gadai hunian terhadap ratusan korban dengan total kerugian mencapai Rp. 5.595.500.000,- (Lima Miliar Lima Ratus Sembilan Puluh Lima Juta Rupiah).

"Berdasarkan informasi dan keterangan saksi bahwa H ini merupakan oknum wartawan, dan alhamdulilah, pada hari Rabu (24/4) sore kemarin, terduga pelaku H menyerahkan diri, diantarkan pengurus DPD PWRI Jabar ke Mapolres Sukabumi Kota," ujar Bagus saat ditemui wartawan di Mapolres Sukabumi Kota, Kamis (25/4/2024).

Terpisah, Ketua DPD PWRI Jabar, Hermawan mengakui H merupakan pelaksana Ketua Harian DPC PWRI Kabupaten Sukabumi. Ia juga memastikan pihaknya telah menonaktifkan jabatannya dan mengambil alih seluruh kegiatan yang ada di lingkungan DPC PWRI Kabupaten Sukabumi.

"Memang yang bersangkutan adalah pelaksana ketua Harian DPC PWRI Kabupaten Sukabumi, namun per hari ini, berhubung yang bersangkutan terlibat suatu kasus di Polres Sukabumi Kota, maka yang bersangkutan kita non aktifkan dulu," ujar Hermawan kepada awak media, Kamis (24/4/2024).

"Akan tetapi, hal ini adalah murni usaha yang bersangkutan, tidak ada sangkut paut dengan PWRI, makanya kita minta kepada yang bersangkutan agar bersikap kooperatif dalam proses penyidikan ini," terangnya.

Hermawan menjelaskan, terduga pelaku sebelumnya sempat datang dan berkunjung ke DPD PWRI Jabar untuk berkonsultasi terkait kasus investasi bodong hingga pihaknya berinisiatif mengantarkan terduga pelaku ke Mapolres Sukabumi Kota. 

"Yang bersangkutan memang datang ke Bandung dan menjelaskan kepada kita selaku Ketua DPD PWRI Jawa Barat terkait kasus yang dihadapinya, kemudian kita kasih masukan agar kooperatif kepada penyidik, dan kita DPD PWRI Jawa Barat berinisiatif untuk mengantar beliau ke Polres Sukabumi Kota, alhamdulilah sekarang beliau sudah ada di Polres Sukabumi Kota dan sedang dalam proses BAP (berita acara pemeriksaan) oleh penyidik," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Polres Sukabumi Kota telah mengamankan 4 pelaku yang diduga terlibat aktif dalam kegiatan investasi bodong yang hingga saat ini merugikan 186 korban dengan total kerugian mencapai Rp. 5.595.500.000,- (Lima Miliar Lima Ratus Sembilan Puluh Lima Juta Rupiah).

Kini, setelah H, oknum wartawan sekaligus Direktur CV. AAP yang sebelumnya sempat menghilang dan telah menyerahkan diri, pihak Sat Reskrim Polres Sukabumi Kota telah berhasil mengamankan 5 terduga pelaku investasi bodong. (rl/08)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Oknum Wartawan Sekaligus Bos Investasi Bodong Diamankan Polisi

Trending Now

Iklan