Gerhana Matahari Total Terjadi 8 April, Apa yang Akan Terjadi

SuaraNegeri.com
08 April 2024 | 09:02 WIB Last Updated 2024-04-08T02:02:27Z

SUARA NEGERI | MEKSIKO — Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi pada Senin (8/4) setelah terakhir kali terjadi pada 2021. 

Fenomena ini setidaknya akan dapat dinikmati oleh 44 juta orang yang berada di wilayah Meksiko, Amerika Serikat (AS), dan Kanada.

Gerhana Matahari Total sendiri terjadi ketika Bulan melintas langsung di antara Bumi dan Matahari. Dari sudut pandang kita di Bumi, Bulan tampak menghalangi seluruh wajah Matahari, memproyeksikan bayangannya yang luas ke planet kita.

 Meskipun Bulan berada di antara Bumi dan Matahari setiap Bulan selama fase Bulan baru, dibutuhkan kombinasi yang tepat dari posisi masing-masing objek langit ini.

Gerhana Matahari Total kali ini hanya akan terlihat di sepanjang jalur totalitas selebar 185 kilometer dan sepanjang 16.000 kilometer.

Jalur ini dimulai di Sinaloa, Meksiko, melintasi 15 negara bagian AS, kemudian melewati provinsi Ontario, Quebec, New Brunswick, Nova Scotia, Prince Edward Island, dan Newfoundland sebelum meninggalkan benua tersebut.

Negara bagian AS yang akan mengalami totalitas adalah Texas, Oklahoma, Arkansas, Missouri, Kentucky, Tennessee, Illinois, Indiana, Ohio, Michigan, Pennsylvania, New York, Vermont, New Hampshire, dan Maine.

Durasi GMT di wilayah-wilayah ini bervariasi, mulai dari 1 menit 42 detik untuk yang paling singkat hingga 4 menit 27 detik untuk durasi paling panjang.

Yang paling singkat akan terjadi di Montpelier, Vermont, AS. Sedangkan durasi GMT terpanjang akan terjadi di wilayah Coahuila, Meksiko.

GMT terakhir kali terjadi pada Desember 2021 di wilayah Antarktika. Di AS sendiri, GMT terakhir kali terjadi pada 21 Agustus 2017, menyapu ke arah barat melintasi 14 negara bagian dari Oregon hingga Carolina Selatan.

Gerhana Matahari Total berikutnya yang dapat dilihat di Amerika Utara akan terjadi pada 30 Maret 2033. Namun, hanya sebagian wilayah Alaska yang akan melihat fenomena gerhana ini.

Dikutip dari LiveScience, Gerhana Matahari Total di AS kemudian akan terjadi pada 22 Agustus 2044, dan akan terlihat di beberapa bagian Montana dan Dakota Utara.

Gerhana total lainnya juga terjadi kurang dari satu tahun kemudian, pada 12 Agustus 2045, dan akan terlihat dari California bagian utara, Nevada, Utah, Colorado, Kansas, Oklahoma, Arkansas, Mississippi, Alabama, dan Florida.

Gerhana Matahari Total biasanya terjadi di tempat yang sama di Bumi setiap 366 tahun sekali. (LiveScience)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gerhana Matahari Total Terjadi 8 April, Apa yang Akan Terjadi

Trending Now

Iklan