Arus Balik Mudik Sabtu Besok, Petugas Terapkan Sistem One Way Mulai Pukul 14.00 WIB

SuaraNegeri.com
12 April 2024 | 15:13 WIB Last Updated 2024-04-12T08:13:00Z

SUARA NEGERI | SEMARANG — Penerapan Sistem One Way Arus Balik 2024 akan dimulai besok Sabtu (13/4/2024) siang. Rencananya pada pukul 14.00 WIB, rombongan arus balik akan dilepas langsung oleh Kakorlantas di GT Kalikangkung.

Demikian disampaikan Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu dalam keterangannya di Mapolda Jateng, pada Jumat, (12/4/2024.

"Hal ini berdasarkan Rakor yang dipimpin Bapak Menko PMK dan Menhub di KM 70 Cikampek pada Kamis (11/4) kemarin," jelas Kabidhumas.

Penerapan Sistem One Way Arus balik disebut akan menyesuaikan jumlah dan kepadatan arus kendaraan yang melintas. Puncak arus balik diprediksi terjadi pada tanggal 13 dan 14 April 2024.

Guna menghindari kemacetan, pihaknya menghimbau masyarakat yang akan kembali untuk mengatur jadwal kepulangan.

"Persiapkan diri dan kendaraan dengan baik. Pastikan kartu tol terisi cukup agar tidak terjadi kemacetan di gerbang tol," lanjutnya.

Terkait masyarakat yang pulang dengan kendaraan travel, dirinya meminta agar masyarakat selektif dalam memilih kendaraan dan pengemudi. Pengemudi juga dianjurkan tidak menyopir terlalu lama untuk menghindari berkendara dalam kondiai mengantuk akibat kelelahan. 

"Pilih kendaraan yang fit dan sopir yang bugar untuk menghindari resiko kecelakaan akibat kelelahan. Ingatkan sopir untuk istirahat setelah 4 jam berkendara. Silahkan gunakan pos polisi yang tersebar sepanjang jalur untuk beristirahat sejenak bila lelah," pesannya.

Sementara bagi masyarakat yang masih memanfaatkan waktu liburan dengan berkunjung ke tempat wisata, pihaknya menyebut keamanan dan keselamatan tetap menjadi prioritas.

"Tetap patuhi himbauan dan arahan petugas di lapangan, prinsip kami keamanan dan keselamatan masyarakat tetap menjadi prioritas selain kelancaran dan ketertiban berlalu lintas," pungkasnya. (Imam Santoso)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Arus Balik Mudik Sabtu Besok, Petugas Terapkan Sistem One Way Mulai Pukul 14.00 WIB

Trending Now

Iklan