Lupa Matikan Tungku, Rumah di Kemangkon Terbakar

SuaraNegeri.com
16 Maret 2024 | 13:14 WIB Last Updated 2024-03-16T06:14:02Z

SUARA NEGERI | PURBALINGGA — Kebakaran menimpa rumah warga di Desa Bakulan, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Jumat (15/3/2024) malam. Penyebab kebakaran diduga akibat tungku yang digunakan memasak air lupa dimatikan.

Kapolsek Kemangkon Iptu Heri Iskandar mengatakan kebakaran menimpa rumah milik Suwasih (80) warga Desa Bakulan , Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga. Kebakaran diketahui sekira jam 18.30 WIB.

“Kebakaran menimpa dapur rumah korban yang berukuran 3 x 5 meter. Kerugian ditaksir mencapai Rp. 7,5 juta,” jelasnya.

Disampaikan bahwa selain menyebabkan dapur ludes terbakar, pemilik rumah juga mengalami luka pada bagian kepala. Korban tertimpa kayu bangunan dapur yang roboh saat menyelamatkan diri dari kebakaran.

"Korban sempat mendapatkan perawatan di klinik kesehatan. Kondisinya hanya mengalami luka ringan dan sudah diperbolehkan pulang," jelas kapolsek.

Berdasarkan keterangan korban, sekira jam 16.00 WIB, dia yang tinggal sendirian memasak air menggunakan tungku kayu bakar di dapur. Kemudian lupa mematikan tungku dan ditinggal beraktivitas hingga terjadi kebakaran. 

"Kebakaran diduga kuat dari tungku yang lupa dimatikan saat memasak air. Api dari kayu bakar kemudian membesar dan membakar bangunan dapur yang terbuat dari kayu dan anyaman bambu," jelasnya.

Peristiwa kebakaran diketahui pertama kali oleh saksi bernama Sesanti Handayani (53) tetangga korban yang melihat ada asap dan api dari dapur rumah korban. Saksi kemudian berteriak memberitahu warga lain yang selanjutnya menolong dan berusaha memadamkan api.

"Api berhasil dipadamkan setelah satu mobil pemadam kebakaran didatangkan untuk melakukan pemadaman. Api dipastikan padam sekira jam 19.35 WIB," jelasnya.

Kapolsek mengimbau kepada masyarakat untuk waspada potensi kebakaran. Pastikan sudah mematikan tungku kayu bakar setelah selesai digunakan sehingga bisa mencegah terjadinya kebakaran. (Imam Santoso)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lupa Matikan Tungku, Rumah di Kemangkon Terbakar

Trending Now

Iklan