Anies Akan Bangun Rumah Kebudayaan Indonesia di Setiap Negara

SuaraNegeri.com
07 Januari 2024 | 22:22 WIB Last Updated 2024-01-07T15:22:01Z

SUARA NEGERI | JAKARTA — Tawarkan nilai karya budaya Indonesia, calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan akan membangun rumah kebudayaan Indonesia di setiap negara di seluruh dunia.

Hal itu merupakan komitmen Anies saat menjawab subtema globalisasi terkait promosi budaya populer Nusantara untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dalam debat capres-cawapres yang diselenggarakan KPU RI di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu malam (7/1).

Anies mengatakan, negara harus mengalokasikan sumber daya yang cukup di bidang kebudayaan, dan tidak dipandang sebagai biaya, namun dipandang sebagai investasi.

"Dengan begitu, maka, karya-karya kita, dari mulai kuliner, karya seni seperti film itu menjadi tumbuh berkembang, dan kemudian bisa dibawa ke level global," kata Anies.

Untuk menunjang itu, kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini, maka akan dilibatkan semua pihak, baik itu Diaspora, hingga mahasiswa untuk menjadi bagian dari diplomasi.

"Kemudian yang tidak kalah penting, kita ingin membangun rumah kebudayaan Indonesia di tiap-tiap region di seluruh dunia. Di mana kita menjual kepada mereka bukan sekadar komoditas-komoditas perekonomian, tapi kita juga menawarkan kepada mereka nilai karya budaya Indonesia," pungkas Anies.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Anies Akan Bangun Rumah Kebudayaan Indonesia di Setiap Negara

Trending Now

Iklan