Seminar Nasional Keteknikan SEMATEK 2023 Bahas Pengembangan Teknologi Keteknikan Berbasis Mitigasi Bencana

SuaraNegeri.com
19 Oktober 2023 | 18:49 WIB Last Updated 2023-10-19T11:52:15Z

SUARA NEGERI | PALU —  Fakultas Teknik Universitas Tadulako menggelar Seminar Nasional Keteknikan SEMATEK 2023 yang bertemakan "Pengembangan Teknologi Keteknikan Berbasis Mitigasi Bencana" di Hotel Best Western Palu, Kamis (19/10).

Seminar Sematek dalam rangka rangkaian acara 4 Dekade Fakultas Teknik Universitas Tadulako menghadirkan 4 Narasumber yang berkompeten dibidang keteknikan.


Materi Narasumber 1, Prof Ir Agus Taufik Mulyono MT Guru besar Teknik Sipil UGM, Ketua Komite Jalan Raya - Bada Kejuruan Sipil PII, Ketua Majelis Profesi dan Etik MTI , Pengurus Bid III LPJK Kementerian PUPR, Ketua Dewan Penasehat FSTPT.

Materi Narasumber 2, Dr Eng Imam Achmad Sadisun ST MT Dosen Teknik Geologi ITB, Koordinator Riset Longsoran PPMB ITB , Anggota Ahli KKJT Kementerian PUPR, Wakil Ketua I IAGI 

Materi Narasumber 3, Lukman Hakim Abd. Rauf ST MT Direktur Utama TELKOMSAT dan Materi Narasumber 4, Dr Eng  Andi Rusdin ST MT Dosen Teknik Sipil Untad Wakil Rektor Bidang Akademik UNTAD.
 
Walikota Palu dalam sambutannya yang di wakili oleh Wakil Walikota Palu dr Reny A  Lamadjido Sp PK M Kes menyampaikan Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada fakultas teknik universitas tadulako yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan seminar nasional keteknikan Sematek 2023.

"Tentunya acara ini bukan hanya mencerminkan semangat ketidakpuasan intelektual dan inovasi yang tak kenal lelah, tetapi juga merupakan wujud nyata potensi yang ada dalam komunitas Akademik yang begitu bersemangat di wilayah kita," Kata Wakil Walikota Palu.

Ia menambahkan, bidang teknik merupakan pendorong utama kemajuan dan perkembangan, tidak hanya di kota kita, tetapi juga di seluruh negeri.

Sematek 2023 berperan sebagai wadah pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide, yang sangat penting untuk kemajuan bidang teknik dan teknologi.

"Saat kita berkumpul di sini hari ini, penting untuk mengakui peran kunci. Yang di mainkan oleh inovasi dalam mengatasi tantangan zaman kita.Dari infrastruktur berkelanjutan dan energi terbarukan hingga transformasi digital dan pembangunan smart city. Solusi untuk berbagai masalah global bergantung pada tangan para insinyur dan teknologi," ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik Untad, Ir Andi Arham Adam, ST MSc(Eng) PhD PM ASEAN Eng mengatakan Seminar Sematek  mengawali 4 Dekade Fakultas Teknik Untad. Sulawesi Tengah khusunya kota palu merupakan daerah rawan bencana sehingga peran teknologi menjadi vital di saat bencana.

"kita sudah merasakan bagaimana vitalnya peran teknologi saat bencana, oleh karena itu seminar ini menandai sebagai wadah kita semua untuk menyampaikan hasil penelitan serta sharing gagasan inovasi dan ide, " katanya.

Sementara Rektor Universitas Tadulako, Prof. Dr Ir Amar ST MT IAI IAP IPU ASEAN Eng yang membuka Acara tersebut mengatakan  Seminar Nasional Keteknikan merupakan rangkaian kegiatan 4 Dekade Fakultas Teknik Untad yang diawali dengan kegiatan Seminar Nasional Keteknikan Simatek 2023 merupakan rangkaian acara  yang sangat memberikan inspirasi bagi kita.

"tentunya pelaksanaan 4 Dekade Teknik Tadulako yang mengambil jargon yang luar biasa semakin maju dan modern ini tentunya tidak lupa dengan masalah inovasi karena dua hal yaitu sistem digitalisasi dan inovasi yang sementara di pacu dengan baik di kampus universitas tadulako," ucap rektor.

Selanjutnya Rektor Universitas Tadulako membuka seminar nasional Simatek 2023 dalam rangka pelaksanaan rangkaian 4 Dekade Fakultas Teknik Untad.

Seminar Nasional Sematek 2023 dihadiri kurang lebih 300 peserta yang hadir langsung maupun bergabung melalui daring yang terdiri dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota, Perusahan Swasta, Dosen, Mahasiswa dan Alumni Teknik Untad.(Dhankz)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Seminar Nasional Keteknikan SEMATEK 2023 Bahas Pengembangan Teknologi Keteknikan Berbasis Mitigasi Bencana

Trending Now

Iklan