Kodim 0711/Pemalang Gelar Upacara HUT Ke 78 TNI Tahun 2023

SuaraNegeri.com
05 Oktober 2023 | 13:50 WIB Last Updated 2023-10-05T06:50:56Z

SUARA NEGERI | PEMALANG — Komando Distrik Militer (Kodim) 0711/Pemalang, menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan HUT ke 73 Kodam IV/Diponegoro tahun 2023 yang bertema “ TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, di lapangan Makodim Jl. Brigjen Katamso No. 43 kelurahan Sugihwaras kecamatan Pemalang kabupaten Pemalang, Kamis (5/10/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0711/Pemalang Mayor Cba Eko Budi Sardjono, dengan Komandan Upacara (Danup)  Danramil 03/Petarukan Kapten Cba Supardi, SH., sementara,sebagai  Perwira Upacara dijabat oleh Ws. Pasipers Kodim 0711/Pemalang Lettu Inf Gatot Margono, Pengucap Sapta Marga  Pelda Dwijo dan sebagai pemdamping dari Angkatan Laut  (AL) Serda Ani Fatudin dan dari Angkatan Udara (AU) Sertu Heru Latip.

Sedangkan pasukan  peserta upacara peringatan HUT ke- 78 TNI tahun 2023 terdiri dari para Perwira Kodim 0711/Pemalang, Perwira Lanal tegal dan Perwira Satradar 214/Tegal, anggota Kodim 0711/Pemalang, Lanal Tegal, Satradar 214/Tegal, Polres Pemalang, PNS Kodim 0711/Pemalang.

Dalam amanatnya Panglima TNI  Laksamana TNI Yudo Margono, SE., M.M., yang dibacakan Irup Kasdim 0711/Pemalang Mayor Cba Eko Budi Sardjono menyampaikan, berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei di tanah air TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini

Selanjutnya, Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada  tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan  Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah;  yaitu pada 38 Provinsi, 415  Kabupaten dan 98 Kotamadya” tambahnya.

Pada akhir sambutannya Panglima TNI memberikan penekanan yang harus dipedomani kepada seluruh prajurit antara lain :

Pertama, tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas,

Kedua, pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

Ketiga, laksanakan komitmen netralitas TNI. Ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini,

Keempat, jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kementerian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk,

Kelima, jaga nama baik TNI dimanapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum. (rl/himawan)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kodim 0711/Pemalang Gelar Upacara HUT Ke 78 TNI Tahun 2023

Trending Now

Iklan