RSUD Undata Palu Lulus Akreditasi dengan Predikat Paripurna

SuaraNegeri.com
23 Mei 2023 | 19:09 WIB Last Updated 2023-05-23T12:14:16Z

SUARA NEGERI | PALU  — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu telah lulus Akreditasi  dengan nilai Paripurna yang di keluarkan oleh Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS).

Pencapaian ini menunjukkan bahwa tingkat pencapaian yang dipenuhi oleh RSUD Undata Palu dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien sangat baik.

Selain itu, merupakan standar pelayanan berfokus pada pasien untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien dengan pendekatan manajemen resiko di Rumah Sakit, betul-betul diperhatikan.

Direktur RSUD Undata, Drg. Herry Mulyadi mengatakan, pencapaian dan keberhasilan  merupakan kerja keras dan kemampuan managemen  dan kerja cerdas seluruh komponen mulai  Dr Spesialis, perawat, bidan apoteker dan seluruh staf kompak membuat langkah perubahan sehingga  dalam kurun waktu 17 bulan telah menunjukkan hasil. 

Dan Patut diketahui akreditasi merupakan bentuk pengakuan dari negara kepada Rumah sakit ,apa yang telah diraih bukanlah tujuan tapi merupakan bentuk tanggung jawab mutu pelayanan yang harus di tingkatkan.

"RSUD Undata belum sempurna tapi ikhtiar terus dilakukan agar mutunya semakin terjaga dan keselamatan pasien menjadi penting, karena  masyarakat makin kritis , status akreditasi suatu RS menjadi penting agar bisa mendapatkan layanan terbaik. Karena itulah, baik RS wajib memiliki status Akreditasi ," ujarnya, pada Selasa (23/5/2023).

LAM - KPRS merupakan lembaga resmi yang ditunjuk dan berwenang untuk melakukan survei verifikasi dan survei akreditasi, untuk selanjutnya memutuskan predikat akreditasi yang tepat untuk suatu Rumah Sakit.

Rumah Sakit Umum Provinsi Undata Palu mendapatkan surat lulus akreditasi pada tanggal 22 Mei 2023 dan sertifikat kelulusan berakhir 16 Mei 2027, dengan status tingkat paripurna dan saat ini masih menunggu peroses penandatanganan Kementerian Kesehatan RI.

Herry Mulyadi menjelaskan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu terus berbenah diri ditandai dengan pengembangan sarana dan prasarana, sumber daya manusia maupun perangkat penunjang.

Saat ini RSUD Undata Palu meraih akreditasi paripurna, langkah berikutnya akan berupaya menaikkan status RSUD Undata Palu  yang tadinya tipe B menjadi tipe A . Tentunya semua harus solid dan kerjasama serta semangat yang tinggi untuk mewujudkan harapan Sulteng memiliki RS yang Baik.

"RSUD Undata Palu meraih akreditasi paripurna, saat ini kategori RSUD Undata Palu  dengan tipe B  dengan layanan unggulan jantung dan kemoterapi. Alhamdulillah Tentunya semua harus kerjasama dan semangat yang tinggi dari semua pihak. Dukungan dari pemerintah daerah Provinsi Sulteng baik dari Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur dan DPRD Provinsi Sulteng menjadikan RS lebih cepat berkembang," jelasnya.

Ia juga menyebutkan, RSUD Undata Palu saat ini telah memiliki  fasilitas penunjang yaitu produk Oxigen sendiri dan memiliki unit transfusi darah yang sudah berjalan.

"fasilitas gedung radioterapi berproses  dalam mendukung layanan tersebut, SDM tenaga dokter spesialis radioterapi dan anestesi khusus penanganan jantung sementara melaksanakan studi FK UI  Jakarta menuju layanan unggulan kangker nantinya," tambahnya. (Dhankz)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • RSUD Undata Palu Lulus Akreditasi dengan Predikat Paripurna

Trending Now

Iklan