Iklan

PT KS Banyak Membantu Warga di Kampung Tukul

SuaraNegeri.com
05 September 2022 | 09:51 WIB Last Updated 2022-09-05T02:51:47Z

SUARA NEGERI | KUTAI BARAT – Keberadaan perusahaan tambang, PT Kedap Sayaaq (KS) sangat memberikan dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat, utamanya di sekitar wilayah operasi tambang batu bara itu. Senin, (5/9/22)

Bagi masyarakat di Kampung Tukul, Kecamatan Tering misalnya. Menurut Petinggi Kampung Yulius Beni, baik yang lama maupun yang baru, PT KS telah memberikan kontribusi yang dirasakan masyarakat di kampung tersebut. 

"Sangat luar biasa apa yang diberikan PT KS kepada masyarakat. Utamanya terkait penyerapan tenaga kerja, serta bantuan CSR. Seperti bantuan minyak (BBM), dulu setiap bulannya dapat 16 drum untuk penerangan (listrik) kampung," kata petinggi. 

Tak hanya bantuan BBM, serta penyerapan tenaga kerja dari masyarakat lokal, perusahaan juga banyak memberikan bantuan lain. Seperti salah satunya bantuan untuk warga yang berduka, serta kegiatan-kegiatan masyarakat lainnya. 

"Sebelum perusahaan ini dibuka atau beroperasi kembali, ekonomi masyarakat cukup sulit. Namun setelah PT KS beroperasi, sekarang kembali menggeliat. Yang jelas, kami sangat bersyukur, utamanya dalam penyerapan tenaga kerja. Sekitar 70 persen warga kami sekarang bekerja di perusahaan itu," ujarnya. 

Dia pun berharap aktivitas perusahaan ke depan berjalan lancar. Tidak ada lagi hambatan-hambatan. Sehingga masyarakat pun tetap terus bekerja, dan ekonomi bisa semakin membaik dan berkembang. 

Sebelumnya diketahui, perhatian terhadap masyarakat lokal adalah bagian pelaksanaan dari CSR perusahaan PT KS. Selain itu, perusahaan juga memiliki program pemberdayaan masyarakat (PPM), yang searah dengan normative pemerintah. Di mana penerima PPM ini adalah masyarakat lingkar tambang. 

Melalui program PPM tersebut, diharapkan kehadiran PT Kedap Sayaaq ini bisa memberikan nilai positif kepada masyarakat sekitar tambang, yang bisa memberikan penghidupan ekonomi masyarakat khususnya Kampung Tukul, Long Daliq dan Keliwai. 

Dampak positifnya, hampir 70-80 persen masyarakat di tiga kampung tersebut telah bekerja di perusahaan tambang PT Kedap Sayaaq. Bahkan bagi putra putri yang non skil mapun skil yang hendak menjadi karyawan tidak ada hambatan diterima oleh perusahaan tersebut. 

Untuk diketahui, PT Kedap Sayaaq merupakan pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) resmi yang sah dengan nomor: 545/K.357D/2020 atas nama PT Kedap Sayaaq. (Taufiq)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PT KS Banyak Membantu Warga di Kampung Tukul

Trending Now

Iklan