Iklan

Mensos Tri Rismaharini Kunjungi Korban Terdampak Banjir Gumbasa di Kabupaten Sigi

SuaraNegeri.com
07 September 2022 | 22:36 WIB Last Updated 2022-09-07T15:36:36Z

SUARA NEGERI | SIGI — Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) diwakili PJ. Sekdaprov DR. Rudi Dewanto, Anggota DPR RI, Matindas Rumambi, Wakil Ketua DPRD Provinsi H. Muharram Nurdin, Bupati Sigi Irwan Lapata, Kepala Dinas Sosial, Siti Hasbiah Zaenong, menerima Kunker Menteri Sosial RI Tri Rismaharini di Bandara Sis-Aljufrie Kota Palu, Selasa (7/9/2022).

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini pada kesempatan itu didampingi Karo Umum, Wiwiek Widiyanti, Plt. Dirjen Linjamsos, Robben Rico, Direktur PSKBA, Iyan Kusmadiana serta 5 orang Staf Mensos lainnya.

Rombongan Mensos RI, Tri Rismaharini selanjutnya melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi guna meninjau lokasi banjir di Desa Pakuli Utara, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi.

Kunjungan pertama di Jembatan Gumbasa yang putus akibat terjangan banjir. Kemudian rombongan Mensos selanjutnya menuju ke lokasi pengungsian di Desa Pakuli Utara di Halaman Masjid Al-Azhar dengan mengendarai kendaraan roda dua.

Rombongan juga menuju ke lokasi pusat banjir di sungai gumbasa, pasar pakuli utara serta hulu Sungai Gumbasa.

Di lokasi pengungsian yang dihuni sekitar 300 jiwa Menteri Sosial mengecek dapur umum, tenda pengungsian, lokasi MCK serta memberikan bantuan peralatan tidur, makanan bayi serta bantuan lainnya.

Mensos juga sempat mewarning Tagana dan PKH yang menurutnya sebagian tidak bekerja maksimal. “Kalau kamu tidak mau kerja buka saja itu rompi,” tegas mantan Gubernur Surabaya itu.

Mensos Risma juga meminta kepada Pj. Sekdaprov dan Bupati Sigi untuk membuat lumbung karena kondisi medan yang memiliki karakteristik berbeda.

“Pengalaman saya, ketika itu ada longsor, syukur mereka masih bisa survive karena punya buffer stok yang bisa dimakan kemudian ada listrik, ada air, karakteristik ini harus kita pelajari bersama,” paparnya.

Lebih jauh ditambahkannya pemerintah perlu menyediakan tempat pengungsian yang aman sehingga bila terjadi hujan, warga sudah berada di lokasi yang aman.

Pada kesempatan itu Menteri Sosial  (Mensos-red) secara simbolis menyerahkan paket bantuan senilai, Kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana di Kabupaten Sigi Rp. 270.143.600.

Paket Kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana di Kabupaten Sigi berupa bantuan penanggulangan bencana dan lumbung sosial Rp. 608.150.600 dan Kesiapsiagaan serta penanggulangan bencana di kota Palu Rp. 259.261.200.

Usai meninjau lokasi banjir di Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi, rombongan Mensos menuju Balai Sosial Nupotove serta kunjungan ke pusat kerajinan batik Bomba dan kayu hitam.

Siang menjelang sore, rombongan Mensos RI bertolak ke Jakarta dengan pesawat melewati Vip Room Bandar Udara Sis-Aljufrie ditemani PJ. Sekdaprov Kepala Dinas Sosial, unsur Forkopimda serta pejabat terkait lainnya.(Dhankz)            
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mensos Tri Rismaharini Kunjungi Korban Terdampak Banjir Gumbasa di Kabupaten Sigi

Trending Now

Iklan