Iklan

Akibat PMK, Omset Pedagang Hewan Kurban Di Purbalingga Dan Pemalang Turun 70 Persen

SuaraNegeri.com
03 Juli 2022 | 12:25 WIB Last Updated 2022-07-03T05:25:03Z

SUARANEGERI.COM | PEMALANG – Sejumlah pedagang hewan qurban di Pasar Hewan Banjaranyar, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang mengeluh akibat sepi pembeli. Menurut pedagang, kondisi ini dipicu oleh merebaknya wabah penyakit mulut dan kaki (PMK).

"Padahal, tidak semua hewan qurban kena PMK, yang sehat juga banyak, hanya saja informasi yang berkembang membawa efek kekhawatiran sebagian warga," kata Warsito, pedagang hewan qurban asal Banyumas, pada Minggu (3/7).

Hal yang sama juga diutarakan oleh Selamet Riyanto, pedagang hewan asal Owabong, Purbalingga.

"Agak susah mas penjualannya, ini pengaruh PMK," keluhnya.


Ia berharap, semoga kondisi bisa kembali normal seperti semula. 

Berbeda dengan Somad, pedagang hewan asal Purbalingga yang mengaku justru merebaknya PMK tak mempengaruhi penjualannya.

"Alhamdulillah, hari ini ramai. Tak berbeda pada tahun lalu," ujarnya saat ditemui disela-sela melayani pembeli Sapi di Pasar Hewan Banjaranyar, siang tadi.

"Yang membedakan itu, cuma harganya.Tahun ini harga turun. Kalau tahun lalu sapi yang paling mahal itu bisa sampai Rp. 50 Juta, tahun ini turun menjadi Rp 35 Juta," jelasnya.

Sementara Suyitno, selaku pengelola Pasar Hewan Banjaranyar, mengakui kalau penjualan tahun ini menurun drastis. Taksasi kisaran 70 persen turun di bandingkan tahun lalu.

Ia berharap, untuk tahun depan perihal PMK bisa diantipasi lebih awal, sehingga penjualannya bisa kembali normal.

"Sementara untuk pedagang bisa menjaga dan merawat hewan ternaknya agar selalu sehat dan layak jual, apalagi saat moment Idul Adha seperti ini," ujarnya.

Pasar Hewan Banjaranyar ini memiliki hari pasaran yaitu pada hari Minggu. Pasar hewan ini sebelumnya sudah disterilisasi dengan disemprot disinfekta oleh tim gabungan dari Posko PMK. 

Semenjak wabah PMK ditemukan di Pemalang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) membentuk Posko PMK di kantor Dinas Pertanian. (Himawan/Tim Infonews TV)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Akibat PMK, Omset Pedagang Hewan Kurban Di Purbalingga Dan Pemalang Turun 70 Persen

Trending Now

Iklan