-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Halaman Depan

    SUARA NEGERI

    Prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M/UNIFIL Laksanakan Tradisi Mandi Khatulistiwa Di Laut Mediterania

    Redaksi
    11 Juni 2022, 22:09 WIB Last Updated 2022-06-11T15:09:04Z

    SUARANEGERI.COM | LEBANON – Di tengah peaksanaan Tugas misi PBB, prajurit KRI-SULTAN ISKANDAR MUDA (SIM)-367 pimpinan Letkol Laut (P) Abdul Haris selaku Komandan Satgas (Dansatgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-M/UNIFIL melaksanakan sebuah tradisi yang dinamakan mandi khatulistiwa yang dikemas sebagai mandi samudera sebagai rangkaian kegiatan pengangkatan warga baru kapal permukaan dan upacara penyematan brevet kapal permukaan, di Laut Mediterania, Lebanon (10/6/2022).

    Tradisi diawali dengan pendadakan pada dini hari , 18 prajurit muda dibawa oleh para seniornya yang berperan sebagai punggawa Dewa Neptunus menuju geladak heli KRI SIM-367 dengan mata tertutup. Sesampainya di geladak heli, prajurit tersebut langsung disambut dengan guyuran air laut. Prosesi dimulai dengan laporan Wadansatgas MTF Mayor Laut (P) Novyan yang kemudian dilanjutkan oleh Davy Jones yang berperan sebagai utusan Dewa Neptunus  melaporkan kesiapan.

    Satu persatu nama prajurit dipanggil untuk dimandikan dengan air laut yang tercampur dengan minyak oli mesin kapal, selanjutnya menghadap ke singgasana Dewa Neptunus untuk disucikan dan diterima sebagai penghuni lautan. Kemudian prajurit tersebut diminta untuk meminum “ramuan jamu khusus” yang sengaja diracik pahit, memiliki makna bahwa sebagai pelaut-pelaut muda harus siap mengarungi samudera yang tentunya tidak selalu mendapat ombak tenang dan manis. Prosesi diakhiri dengan penyiraman “Air Suci” oleh Dansatgas. 

    Acara diakhiri dengan upacara pengangkatan warga baru kapal permukaan dan penyematan brevet kapal permukaan bagi tiga perwira pendukung Satgas non ABK KRI, yaitu Perwira Psikologi Kapten Laut (KH) Yudhistira, Perwira Hukum Lettu Laut (KH) M. Reza dan Perwira Kesehatan Lettu Laut (K) dr. Ahmad Lani. 

    “Sebagai warga baru kapal permukaan menurut saya sangat pantas mereka mendapatkan brevet tersebut. Karena sudah lebih dari satu tahun mereka telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas selama bertugas di KRI SIM-367," tegas Dansatgas. (**)
    Comment

    Tampilkan

    LATEST NEWS