Gubernur Sulteng Dukung Guru Tua Menjadi Pahlawan Nasional

SuaraNegeri.com
14 Mei 2022 | 18:34 WIB Last Updated 2022-05-14T11:34:32Z

SUARANEGERI.COM | PALU - Ribuan orang memadati Kompleks Alkhairaat Pusat Palu, pada Sabtu (14/5). 

Mereka menghadiri puncak peringatan haul ke-54 Al Habib Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua.

Sebelumnya, panitia memprediksi Haul Guru Tua ke-54 tahun 1443 H/2022 akan dihadiri 30 ribu orang.

Mereka terdiri dari tokoh nasional, pejabat pemerintah, pemuka masyarakat, ulama, habaib dan Abnaul Khairaat dari penjuru negeri, yang hadir melepas rindu untuk mengenang kiprah Guru Tua.

Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura yang hadir dalam acara itu kembali menegaskan dukungan serta komitmen mewujudkan gelar pahlawan nasional bagi Guru Tua.

Menurut Gubernur, jasa-jasa yang ditorehkan Guru Tua sangat besar untuk kemajuan bangsa ini, melalui pendirian lembaga pendidikan Alkhairaat pada tahun 1930. 

Lembaga ini bahkan telah berkembang luas bukan hanya di Palu sebagai pusatnya, tapi ke seantero nusantara dengan berdirinya cabang-cabang madrasah dan Perguruan Tinggi Alkhairaat.

Dengan demikian kontribusi Guru Tua, kata Gubernur, tidak diragukan lagi sebagai sosok pencerah dan guru bangsa.

“Karena itu pada pertemuan yang mulia ini dengan tegas saya sampaikan sebagai gubernur mendukung penuh untuk mengusulkan Beliau sebagai pahlawan nasional dari Sulawesi Tengah,” kata gubernur disambut gemuruh tepuk tangan jamaah haul.

Di bagian lain Gubernur mengatakan, Sulteng adalah daerah kaya yang kini menjadi magnet baru investasi. 

Ditambah lagi dengan pemindahan ibukota negara ke Kalimantan membawa keuntungan geostrategis bagi Sulteng yang berhadapan langsung dengan IKN di Pulau Kalimantan.

Karena itu Gubernur mendorong generasi muda, para Abnaul Khairaat supaya sinergi dalam membangun dan menyongsong Sulteng sebagai daerah penyangga IKN.

“Karena itu sumber daya manusia kita harus siap supaya kita dapat menjadi pemimpin peradaban baru Indonesia,” harapnya. (Syahril Hantono)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Sulteng Dukung Guru Tua Menjadi Pahlawan Nasional

Trending Now

Iklan