-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Halaman Depan

    SUARA NEGERI

    Dengan Kerrs Atau Teh Kersen, Masyatakat Konsumsi Daun Kersen Lebih Mudah

    SuaraNegeri.com
    29 Mei 2022, 09:23 WIB Last Updated 2022-05-29T02:23:06Z

    SUARANEGERI.COM | JAKARTA Pohon kersen atau talok yang juga dikenal sebagai tanaman seri, merupakan tanaman yang sudah tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bahkan sering dijumpai di taman maupun pinggir jalan. 

    Namun hingga saat ini, masih banyak yang tidak memahami segudang manfaat dari tanaman Mutingia calabura L ini. 

    Dikutip dari berbagai sumber, dalam daun kersen memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang lebih tinggi serta vitamin A dan vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain itu, juga memiliki kandungan fitokimia flavonoid yang terdiri dari berbagai jenis, seperti flavon, flavonon, flavan, dan biflavan. 

    Senyawa kimia lainnya yang terdapat pada daun kersen adalah tannin, triterpene, dan polifenol. Dengan kandungan nutrisi yang begitu banyak, manfaat daun kersen untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. 

    Setidaknya ada 10 manfaat yang dapat dirangkum dari berbagai sumber, terkait manfaat dari daun kersen ini, yakni Menjaga Daya Tahan Tubuh; Menjaga Kadar Kolesterol; Mengobati Sakit Kepala; Mengontrol Gula Darah; Mengatasi Peradangan; Menjaga Kesehatan Jantung; Mencegah Tekanan Darah Tinggi; Antiseptik dan Mengatasi Asam Urat; Anti Kanker; dan Mengatasi Masalah Pencernaan. 

    Hadir Dalam Bentuk Teh 

    Nah, saat ini masyarakat sudah lebih dimudahkan jika ingin mengkonsumsi daun kersen. 

    Sebab, sekitar 3 tahun lalu telah muncul sebuah produk Kerrs yang menyajikan daun kersen dalam bentuk teh atau disebut Teh Kersen. Diketahui, produk ini diproduksi oleh PT. Tres Astha Nusantara. 

    Amelia Kristiadi, salah satu perwakilan perusahaan tersebut menjelaskan bahwa pengelolaan Teh Kersen tersebut masih dalam bentuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM). 

    "Kita masih produksi kecil, namun sangat memperhatikan kualitas produk yang kita buat, agar manfaatnya tetap terjaga ketika dikonsumsi oleh masyarakat," jelas Amelia melalui siaran pers, Sabtu (28/5/22). 

    Ide membuat produk Kerrs atau Teh Kersen, diceritakan Amelia, bermula dari kondisi detak jantung rekannya lebih stabil sejak disarankan mengkonsumsi rebusan daun kersen. 

    “Teman saya memiliki kondisi jantung yang detaknya tidak menentu sehingga menyebabkan tremor. Setelah rutin minum rebusan daun kersen, tremor berkurang jauh dan detak jantung lebih stabil,” ujar Amelia menceritakan pengalaman rekannya. 

    Sejak saat itu, lanjut Amelia, mereka memiliki keinginan agar daun kersen dapat dikonsumsi oleh masyarakat dengan lebih mudah. "Nah ingin masyarakat merasakan manfaat daun kersen lebih mudah itulah yang mendorong kami membuat Kerrs atau Teh Kersen," tandasnya. (Eky)

    Comment

    Tampilkan

    LATEST NEWS