Iklan

Sulteng Raih Peringkat Ketiga Terbaik Nasional dalam Pengelolaan DAK Fisik 2021

SuaraNegeri.com
12 April 2022 | 22:44 WIB Last Updated 2022-04-12T15:45:54Z
 

SUARANEGERI.com, PALU - Kementerian Keuangan RI memberikan penghargaan kepada Provinsi Sulawesi Tengah yang meraih terbaik ketiga nasional dalam kinerja pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2021.

Piagam penghargaan dari Menteri Keuangan RI diserahkan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah Irfa Ampri, kepada Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura di ruang kerja Gubernur, Selasa (12/4).

Irfa Ampri menjelaskan, Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada Pemda atas kinerja penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahun 2021 melalui Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-63/PB/2022 tentang Penetapan Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa pada Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

‘’Salah satu hasil keputusan adalah Provinsi Sulawesi Tengah berhasil meraih peringkat ketiga terbaik nasional atas Kategori Kinerja Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Fisik Tingkat Provinsi Tahun Anggaran 2021 dengan nilai 87,72,’’ kata Irfa Ampri dalam pertemuan dengan Gubernur H Rusdy Mastura.

Irfa mengatakan, pada tahun anggaran 2021, pagu DAK Fisik lingkup wilayah Sulawesi Tengah sebesar Rp2,02 triliun untuk 33 proyek, dan telah terealisasi sebesar Rp1,88 triliun atau 93,16 persen. Sementara itu, Pemprov Sulawesi Tengah, menerima alokasi anggaran sebesar Rp397,76 miliar untuk 12 proyek pada tahun 2021.

Untuk meningkatkan  peringkat pengelolaan DAK Fisik di masa mendatang, Irfa mengharapkan Pemprov Sulteng memberikan prioritas percepatan proses penyaluran DAK Fisik melalui sinergi antara OPD di Pemprov dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Palu dalam memenuhi seluruh dokumen persyaratan penyaluran DAK Fisik. Dengan sinergi tersebut berbagai kendala dalam proses penyaluran DAK Fisik dapat diantisipasi, dan mendapatkan penyelesaian atau solusi dalam kesempatan pertama.

Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura menyampaikan terima kasih penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah atas Kinerja Terbaik Ketiga Nasional dalam Penilaian Kinerja Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2021.

‘’Penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus melakukan kinerja yang lebih baik sehingga tahun 2022 Sulawesi Tengah memperoleh penghargaan terbaik pertama secara nasional, sehingga Sulawesi Tengah menjadi contoh dan panutan dalam tata kelola dana pemerintah," kata Gubernur.(SN/Dhankz)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sulteng Raih Peringkat Ketiga Terbaik Nasional dalam Pengelolaan DAK Fisik 2021

Trending Now

Iklan