NasDem Donggala Tanam Mangrove Lestarikan Lingkungan

SuaraNegeri.com
08 November 2021 | 21:35 WIB Last Updated 2021-11-08T14:35:12Z

SUARA NEGERI ■ Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, menggelar aksi sosial dengan melakukan kegiatan bersih-bersih rumah ibadah dan menanam mangrove di Banawa, pada Senin (8/11). 

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyambut 10 tahun Partai NasDem di jagat politik.

Kegiatan dilakukan sejak Senin pagi dimulai dari Masjid Raya Donggala dilanjutkan di hutan mangrove Kelurahan Tanjung Batu dengan menanam pohon mangrove dan membagikan bibit mangrove kepada Kelompok Sahabat Mangrove Tanjung Batu.

Aksi sosial tersebut diikuti jajaran pengurus DPD NasDem Donggala, DPC Banawa, Garda Pemuda NasDem, dan DPD Petani NasDem Donggala.

Ketua DPD NasDem Donggala Adha Nadjemuddin mengatakan, NasDem memilih dua lokasi kegiatan sosial tersebut karena merupakan simbol sekaligus kebanggaan bagi masyarakat Donggala khususnya di Banawa, ibukota Kabupaten Donggala.

"Nanti ke depan akan terus kita galakkan gotong royong dengan melibatkan partisipasi publik yang lebih banyak," katanya.

Adha mengatakan penanaman mangrove tersebut sebagai bukti keseriusan Partai NasDem dalam mengusung misi di bidang lingkungan karena mangrove memiliki banyak manfaat.

Manfaat Mangrove tersebut kata Adha, dapat mengatasi abrasi pantai, sekaligus menjadi tempat berlindungnya biota laut seperti ikan.

Mangrove juga kata Adha, memberi kontribusi besar dalam pencegahan perubahan iklim karena empat kali lebih banyak kontribusi karbonnya di banding hutan.

"Jika kita menanam satu hektare mangrove sama dengan kita memelihara empat hektare hutan," kata Adha.


Selain itu mangrove juga bisa dijadikan sumber ekonomi bagi masyarakat karena memiliki produk turunan seperti sirup.

Saat ini kata Adha, Kelompok Sahabat Mangrove Tanjung Batu, telah melakukan uji coba produk turunan buah mangrove menjadi sirup dan kopi, namun belum dapat dikembangkan secara maksimal karena keterbatasan alat produksi.

Adha Nadjemuddin mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga hutan mangrove di Banawa karena selain memiliki keunikan di tengah kota, mangrove juga memberi banyak manfaat untuk lingkungan dan ekonomi.*

(hms/ Jamal)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • NasDem Donggala Tanam Mangrove Lestarikan Lingkungan

Trending Now

Iklan