BIN Bawa 5500 Dosis Untuk Warga Langkat Di 6 Desa

SuaraNegeri.com
05 November 2021 | 00:02 WIB Last Updated 2021-11-04T17:02:05Z

SUARA NEGERI ■ Percepatan akselerasi Vaksinasi covid-19 untuk bangsa terus bergerak. Hari ini, Kamis (4/11/2021), Badan Intelijen Negara (BIN) melaksanakan pemberian vaksinasi bagi ribuan warga yang selama ini belum tersentuh layanan vaksinasi covid-19 di kabupaten Langkat, Sumatera Utara. 

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Sumatera Utara, Brigjen TNI.  Asep Jauhari Puja Laksana menyampaikan bahwa capaian vaksinasi di Kabupaten Langkat masih jauh dari target, sehingga partisipasi dari semua stakeholder sangat dibutuhkan.

Mewujudkan hal tersebut, BIN menggelar vaksinasi covid-19 di 6 Desa di Kecamatan Wampu kabupaten Langkat, yakni Desa Kebun Balok, Mekar Jaya, Besilang BL, Stungkit, Payah Tusam dan Desa Gergas. Desa-desa ini sulit diakses, bahkan untuk distribusi vaksin dan tenaga kesehatan, harus berjuang melawan kondisi infrastruktur jalan yang seadanya. 

Hal ini tampak saat Kabinda Sumut meninjau langsung pelaksanaan vaksin di Desa Kebun Balok, mobil Jenderal Angkatan Darat ini hanya sampai Petumbukan. 

Brigjen TNI. Asep Jauhari Puja Laksana kemudian naik getek (alat transportasi air tanpa mesin) untuk menyeberang sungai ke wilayah Desa Bukit Melintang. 

Dari titik penyeberangan di Bukit Melintang, Brigjen TNI. Asep Jauhari Puja Laksana kemudian naik motor sejauh 5 kilometer untuk menjangkau desa Kebun Balok.

"Hari ini Binda Sumut melaksanakan vaksin lanjutan untuk pelajar sebanyak 3.500 dosis, tetap pelajar prioritas, dan untuk masyarakat sebanyak 2000 dosis yang dilaksanakan door to door. Untuk pelajar dipusatkan di SMK Negeri 1 dan SMPN 1 Stabat, dan bagi masyarakat dipusatkan di kecamatan Wampu," tutur Kabinda Brigjen TNI. Asep Jauhari Puja Laksana di sela-sela vaksinasi door to door di desa Kebun Balok.

"Kita melaksanakan kegiatan ini mengambil daerah- daerah yang belum tersentuh, kita masuk ke dalam, pelosok-pelosok kita datangi," ungkapnya.

Brigjen TNI. Asep Jauhari Puja Laksana kemudian menjelaskan bahwa capaian vaksinasi di Kabupaten Langkat masih jauh dari target.

"Langkat masih rendah. Terakhir kami lihat masih 21 persen. Dengan harapan kita bisa sama-sama serang agar vaksinasi bisa sama-sama, mengimbangi daerah lain," pungkas alumni Akabri '90 ini.

Di Desa Kebun Balok, Brigjen TNI. Asep Jauhari Puja Laksana berkenan mendampingi Nakes mengetuk pintu rumah Bapak Budiman dan ibu, pasangan suami-istri lansia yang mendapat layanan vaksin program BIN. Kunjungan kemudian dilanjutkan ke rumah ibu Sumilah, di samping SD Negeri.

Para lansia yang menerima vaksin door to door tersebut terkejut dan sangat mengapresiasi perhatian Brigjen TNI. Asep Jauhari Puja Laksana.


Sebelum meninjau kegiatan door to door, Kabinda meninjau pelaksanaan pemberian 2500 dosis vaksin Covid-19 di SMKN 1 Stabat.

Di sekolah nan asri itu, Brigjen TNI. Asep Jauhari Puja Laksana didampingi oleh Wakil Bupati Langkat H. Syah Afandin, S.H., Wakasek SMKN 1 Jaidun Turnip, Ketua MUI Kabupaten Langkat H. Zulkifli Ahmad Dian, LC, MA., Ketua PD Al Jamiyatul Washliyah Sahrizal MZ, dan yang mewakili Cabdis Pendidikan Provsu.

Informasi dihimpun, di SMKN 1 Stabat, yang divaksin berasal dari sejumlah sekolah, antara lain SMKN 1, SMAN 1, SMK Nafsiah, SMA Yapim Taruna, SMK Harapan, SMK Al Jamiatul Washliyah, SMA Bintang Langkat, SMK TI Pabaku, SMK Al Ihsan, SMK PAB 13 Kwala Begumit, SMA/SMK Tunas Bangsa, SMK TI Putra Jaya, SMK APP Putra Jaya, SMK TIK Jabal Rahmah, SMK Sri Wampu, SMA Persiapan Stabat, SMK Al Ma'arif dan SMA Al Ma'arif.

Sementara di SMPN 1 Stabat, BIN menargetkan 1000 pelajar divaksin, yang berasal dari SMPN 1, SMPN 3, SMPN 5 dan SMP Hang Tuah. (Tim).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BIN Bawa 5500 Dosis Untuk Warga Langkat Di 6 Desa

Trending Now

Iklan