-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Di Sulsel dan Wilayah Pesisir Akhir Pekan Ini

    SuaraNegeri.com
    11 September 2021, 08:20 WIB Last Updated 2021-09-11T01:20:42Z

    SUARA NEGERI ■ Lagi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem dengan curah hujan sedang hingga lebat yang diperkirakan terjadi di 27 wilayah di Tanah Air pada akhir pekan ini.

    "Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir, guntur dan peningkatan angin kencang. Waspada juga adanya tingginya suhu udara yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan," demikian bunyi pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG, pada Sabtu (11/9/2021).

    Dalam rilisnya, disebutkan daftar peringatan dini BMKG untuk hari ini, yakni ada di kawasan Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

    Sementara cuaca serupa juga berpotensi di Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

    Terdapat siklon tropis conson (990 hPa) di Laut China Selatan dan siklon tropis chanthu (935 hPa) di Laut Filipina yang berdampak secara tidak langsung pada ketinggian gelombang di Laut Natuna Utara, Samudera Pasifik Utara Papua.

    BMKG juga menyampaikan bahwa pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dominan bergerak dari tenggara hingga barat daya, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot.

    Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut China Selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Barat dan Perairan Utara Sulawesi Utara.

    Waspada juga tinggi gelombang lebih dari 4 hingga 6 meter (sangat tinggi) yang berpeluang terjadi berbagai Perairan selatan Banten hingga Sumbawa, Samudra hindia barat Kepulauan Nias hingga Lampung, dan Samudera Hindia selatan Banten hingga NTB.

    "Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, agar tetap selalu waspada," demikian peringatan BMKG untuk wilayah pesisir di Indonesia.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru