Tagar #PenjarakanLukasEnembe Viral, Pasca Gubernur Lukas Enembe Kunjungi PNG Gunakan Jalur Tikus

SuaraNegeri.com
02 April 2021 | 17:54 WIB Last Updated 2021-04-02T10:54:28Z
Tagar #PenjarakanLukasEnembe Viral, Pasca Gubernur Lukas Enembe Kunjungi PNG Gunakan Jalur Tikus

SUARA NEGERI ■ Gubernur Papua Lukas Enembe, dikabarkan telah mengunjungi Papua Nugini (PNG) dengan menggunakan jalur tikus dan tanpa dilengkapi dokumen keimigrasian pada Rabu (31/3/2021) lalu.

Hal ini diketahui dari keterangan personel Pos Perbatasan Skouw maupun Konsulat RI di Vanimo, yang mengatakan bahwa pada 31 Maret 2021 Gubernur Papua telah menyeberang ke Papua Nugini tanpa kelengkapan dokumen keimigrasian melalui jalur tikus/jalur tidak resmi.

Jalur tikus merupakan jalan tidak resmi/ilegal yang sering digunakan oleh para pelintas batas ilegal dari dan ke PNG, bahkan jalur tikus ini juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan ilegal seperti transaksi narkoba, miras, barang-barang konsumsi  hingga senjata.

Kabar tindakan Gubernur Papua ini tentulah sangat mengejutkan, karena sebagai pejabat negara dan pemimpin daerah, Lukas Enembe telah melanggar sejumlah aturan yang berlaku, seperti Instruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2005, tentang perjalanan dinas luar negeri dan Peraturan Mendagri Nomor 29 Tahun 2016 tentang pedoman perjalanan dinas ke luar negeri bagi ASN, Kepala Daerah dan DPR RI dan Daerah.

Selain itu, tindakan ini juga melanggar  UU Keimigrasian Nomor 6 Tahun 2011, dimana Gubernur Lukas Enembe saat berkunjung ke PNG tidak melengkapi persyaratan kelengkapan dokumen keimigrasian berupa paspor dinas, exit permit dan visa.

Terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Lukas Enembe bukan saja  melanggar protokol kesehatan di dalam negeri namun juga protokol kesehatan di PNG yang korban akibat pandemi ini terus bertambah dari hari ke hari.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari Pemerintah PNG terkait keberadaan Gubernur Papua, Lukas Enembe di negaranya.

Sementara itu, Tagar #PenjarakanLukasEnembe mendadak Viral di laman twitter siang hingga sore ini (2/4), pasca Gubernur Lukas Enembe mengunjungi PNG dengan menggunakan Jalur Tikus tersebut.

 ■ Irwan/ Hms
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tagar #PenjarakanLukasEnembe Viral, Pasca Gubernur Lukas Enembe Kunjungi PNG Gunakan Jalur Tikus

Trending Now

Iklan