Hijaukan Kawasan Hutap Kabupaten Sigi, BNPB Dan Danrem 132 Tadulako Tanam Trembesi

SuaraNegeri.com
01 April 2021 | 15:05 WIB Last Updated 2021-04-01T08:05:00Z
Hijaukan Kawasan Hutap Kabupaten Sigi, BNPB Dan Danrem 132 Tadulako Tanam Trembesi

SUARA NEGERI ■ Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Letjen TNI Doni Monardo melakukan penanaman bibit pohon trembesi di kawasan yang menjadi lokasi hunian tetap (Huntap), pada Kamis (1/4/2021).

Adapun tujuan dilakukan penanaman tanaman bernama latin Samanea Saman itu adalah untuk menghijaukan kawasan huntap bagi warga relokasi pasca bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulteng pada 2018 lalu.

“Diharapkan nanti kawasan ini akan menjadi lebih hijau lebih nyaman dan bisa menjadi tempat berteduh dan berekreasi bagi masyarakat yang ada di kawasan ini,” kata Doni Munardo.

Menurut Letjen TNI Doni Monardo, pilihan menanam trembesi adalah langkah yang tepat. Sebab, trembesi memiliki banyak manfaat mulai dari pohon pelindung, penghasil oksigen, mampu menyerap karbon sehingga cocok apabila di tanam di wilayah tandus seperti di kawasan tersebut.

“Ini adalah salah satu pohon pelindung yang terbaik. Mampu menyerap karbon, apabila kanopinya mencapai lebih dari 15 meter, setiap tahun sekitar 28,5 ton. Dan juga sebagai penghasil oksigen,”jelas Letjen TNI Doni

Kemudian Danrem 132/Tdl menambahkan, “Kegiatan penanaman pohon trambesi ini adalah salah satu bentuk wujud kepedulian kepada lingkungan di sekitar kita yang sudah mulai gersang sehingga perlu adanya kegiatan penghijauan," tuturnya

"Saya berharap hasil dari penanaman pohon trambesi ini dapat kita nikmati di masa yang akan datang dan selanjutnya saya himbau kepada seluruh warga yang ada di sekitaran Huntap Pombowe Kab. Sigi agar peduli untuk merawat pohon ini supaya tumbuh dan terawat dengan baik," kata Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Farid Makruf, M.A

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sulteng Drs. Longki Djanggola M.Si berharap semoga upaya penghijauan melalui penanaman trembesi itu dapat memberikan banyak manfaat bagi warga huntap untuk jangka panjang.

“Mudah-mudahan dengan adanya pohon trembesi akan memberikan kesejukan bagi warga yang ada di daerah ini dan juga bermanfaat sebagai tambahan oksigen karena memang pohon ini banyak manfaatnya,” ucapnya.

Dalam kegiatan penanaman pohon tersebut, tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 sesuai dengan ketetapan pemerintah.

Turut hadir menanam pohon trembesi di antaranya Kadis Kehutanan Prov. Sulteng, KABALAI BPPW PUPR Sulteng, KA Pelaksana BPBD Sulteng, Wakil Bupati Sigi, Sekretaris BPBD Sulteng, Dandim 1306/Dgl Beserta Para Kasi Korem 132/Tdl.

Sumber: Penrem 132
■  Jamaludin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hijaukan Kawasan Hutap Kabupaten Sigi, BNPB Dan Danrem 132 Tadulako Tanam Trembesi

Trending Now

Iklan