Polres Purbalingga Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2020

SuaraNegeri.com
31 Desember 2020 | 05:29 WIB Last Updated 2020-12-30T22:29:28Z
Polres Purbalingga Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2020

SUARA NEGERI ■ Polres Purbalingga menggelar konferensi pers akhir tahun 2020 di Aula Loka Anindhita Mapolres, Rabu (30/12/2020). Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla didampingi Wakapolres Kompol Sopanah dan Kasubbag Humas Iptu Widyastuti.

Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla dalam paparannya menyampaikan bahwa  selama tahun 2020 terjadi 192 tindak kejahatan di wilayah Kabupaten Purbalingga. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 8 kasus atau sebesar 4 % dibanding dengan tahun 2019. Dari jumlah kejahatan yang terjadi, penyelesaian kasus mengalami peningkatan 7,5 % dibandingkan dengan tahun 2019. 

"Kejadian kejahatan bertambah namun penyelesaian perkara juga meningkat. Artinya upaya kita dalam penyelesaian perkara mengalami kenaikan," jelasnya.

Disampaikan bahwa dari jumlah kriminalitas yang terjadi di Kabupaten Purbalingga ada kasus yang jumlahnya meningkat yaitu terkait penyalahgunaan narkoba. Dari target ungkap sebanyak 30 kasus, kita berhasil mengungkap 36 kasus dan semuanya selesai tidak ada tunggakan. 

"Banyaknya kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Purbalingga perlu kita waspadai bersama. Ini menjadi atensi kita bersama dan perlu peran serta masyarakat dalam pencegahannya," kata kapolres.

Sementara itu, terkait kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Purbalingga jumlahnya mengalami penurunan dari 578 menjadi kasus menjadi 437 kasus. Dari jumlah tersebut ada penurunan 141 kasus kecelakaan lalu lintas atau 24,3 %. Selain itu, jumlah pelanggaran lalu lintas juga mengalami penurunan sebesar 41,1 %.

"Penurunan kasus kecelakaan lalu lintas ini merupakan upaya kita melalui peningkatan pemberian imbauan secara langsung kepada masyarakat, pemasangan imbauan di lokasi rawan dan pemberian tindakan terhadap para pelanggar lalu lintas," ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, terkait pandemi Covid-19 Polres Purbalingga telah melakukan sejumlah kegiatan. Kegiatan tersebut diantaranya pembentukan kampung siaga dan ponpes siaga Covid-19. Selain itu, Polres Purbalingga membentuk tim tindak Covid-19. Tim bekerja sama dengan seluruh instansi terkait yang masuk dalam gugus tugas penanganan Covid-19 tingkat kabupaten.

"Kita rutin melakukan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui operasi yustisi yang dilakukan hingga tingkat polsek. Tujuannya untuk menyadarkan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19," jelasnya.

Konferensi pers akhir tahun diisi dengan tanya jawab dengan wartawan yang hadir. Sejumlah pertanyaan disampaikan yang langsung mendapatkan jawaban dari Kapolres Purbalingga. Dalam kegiatan diterapkan protokol kesehatan mulai dari pengukuran suhu, penggunaan hand sanitizer dan pengaturan jarak antar peserta kegiatan.

(Imam Santoso/Hms)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polres Purbalingga Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2020

Trending Now

Iklan