Polres PurbaIingga Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Candi 2024

SuaraNegeri.com
25 Maret 2024 | 16:26 WIB Last Updated 2024-03-25T09:26:51Z

SUARA NEGERI | PURBALINGGA — Polres Purbalingga menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral (Linsek) dalam rangka kesiapan menghadapi Operasi Ketupat Candi 2024. Kegiatan digelar di Aula Wicaksana Laghawa Mapolres Purbalingga, Senin (25/3/2024).

Rakor dipimpin oleh Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan, S.I.K., dihadiri oleh Dandim Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Purbalingga Drs. Suroto, M.Si. serta unsur Forkopimda lainnya. Hadir juga pejabat utamanya polres dan seluruh stakeholder terkait dalam Operasi Ketupat Candi 2024.

Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan mengatakan bahwa rapat ini dilaksanakan dalam rangka kesiapan menghadapi Operasi Ketupat Candi 2024 pengamanan arus mudik dan balik Idul Fitri 2024. Dimana diprediksi akan ada peningkatan arus kendaraan 5 - 6 persen dibanding tahun lalu.

"Melalui rapat koordinasi ini mari kita sinkronkan terkait tugas, fungsi dan peranan masing-masing stakeholder untuk mengamankan arus mudik dan balik lebaran 2024," ucapnya.

Disampaikan bahwa kegiatan arus mudik dan balik Idul Fitri merupakan hajat bangsa yang dilaksanakan masyarakat. Oleh karena itu, menjadi tugas kita semua untuk dapat mengamankan kegiatan tersebut. Agar kegiatan bisa bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pola pengamanan Operasi Ketupat 2024 berbeda dengan tahun sebelumnya. Berdasarkan analisa dari pusat keberadaan pos pengamanan kurang efektif dan mengena. Oleh karena itu pada tahun ini diubah pola kegiatannya untuk lebih mengena kepada masyarakat. 

"Pada tahun ini hanya ada 2 pos yaitu Pos Pengamanan Terpadu dan Pos Sinergitas TNI-Polri. Selain itu, personel akan ditempatkan langsung pada titik-titik yang perlu kehadiran personel atau strong point," jelasnya.

Kapolres berharap kegiatan Operasi Ketupat Candi 2024 pengamanan Idul Fitri, arus mudik dan arus balik di wilayah Kabupaten PurbaIingga bisa berjalan dengan lancar. Personel diberikan kekuatan dan kesehatan dalam melaksanakan tugas.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Suroto, M.Si. menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Purbalingga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih diselenggarakan Operasi Ketupat Candi 2024 yang dilaksanakan rutin dan terpadu.

"Kami dan jajaran organisasi pemerintahan daerah sangat mensupport dan akan memberikan kontribusi secara maksimal mendukung pelaksanaan operasi sesuai dengan kemampuan yang kami miliki," ucapnya.

Dandim Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol dalam rapat mengatakan kegiatan pengamanan ini sudah rutin dilaksanakan. Masing-masing personel dan stakeholder sudah paham akan tugas dan peranannya.

"Pesan saya saat melaksanakan tugas tahunan ini agar seluruh personel membiasakan pelaksanaan tugas yang benar. Bukan membenarkan tugas yang sudah biasa," ucapnya.

Rakor Linsek diisi dengan paparan oleh Kabag Ops Kompol Tri Arjo Irianto terkait pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2024 di wilayah Kabupaten PurbaIingga. Paparan juga disampaikan Kasat Lantas AKP Arief Wiranto terkait keamanan, keselamatan, ketertiban lalu lintas di Kabupaten Purbalingga. (Imam Santoso)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polres PurbaIingga Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Candi 2024

Trending Now

Iklan