CLOSE ADS
CLOSE ADS

Masa Tenang Pemilu 2024: Bawaslu Wonosobo Siaga dalam Memastikan Ketenangan

SuaraNegeri.com
10 Februari 2024 | 09:48 WIB Last Updated 2024-02-10T02:48:16Z

SUARA NEGERI | WONOSOBO — Dalam menghadapi akhir tahapan Kampanye Pemilu 2024, Kabupaten Wonosobo bersiap memasuki masa tenang yang akan dimulai pada tanggal 11 Februari 2024. Menurut Pasal 1 angka 36 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, masa tenang menjadi momen penting yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye dalam bentuk apapun.(10/2/2024)

Ketua Bawaslu Kabupaten Wonosobo, Sarwanto Priadhi, menggarisbawahi pentingnya masa tenang sebagai waktu di mana masyarakat dapat merenungkan pilihan politiknya dengan tenang. "Masa tenang bertujuan untuk memberikan suasana tenang bagi masyarakat sebagai calon pemilih agar bisa berkontemplasi memantapkan pilihan politiknya. Ini sangat penting agar hak pilih yang dimiliki masyarakat dapat benar-benar digunakan secara tepat," ujarnya.

Sementara itu, dalam rangka menjaga integritas pemilu, Bawaslu Wonosobo akan mengintensifkan patroli dengan melibatkan kekuatan 45 Pengawas Kecamatan, 265 Pengawas Desa/Kelurahan, dan 3.091 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS). Patroli ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran selama masa tenang dan memastikan bahwa persiapan pemilu berlangsung dengan tertib dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sarwanto juga menekankan pentingnya pembersihan alat peraga kampanye (APK) selama masa tenang. Para peserta pemilu diminta untuk bertindak secara mandiri dan konsekuen dalam membersihkan APK dan bahan kampanye yang telah terpasang sejak awal kampanye.

Di sisi lain, Bawaslu Wonosobo siap bertindak tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan selama masa tenang. Sesuai dengan aturan yang diatur dalam Pasal 523 UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu, setiap pelaksana, peserta, dan/atau tim kampanye pemilu yang dengan sengaja melakukan pelanggaran akan dikenai sanksi pidana.

Masyarakat di Wonosobo diharapkan dapat memanfaatkan masa tenang ini sebagai momen untuk mempertimbangkan pilihan politik mereka secara cermat. Dengan kerjasama antara Bawaslu, peserta pemilu, dan masyarakat, diharapkan Pemilu 2024 di Wonosobo dapat berlangsung dengan lancar dan adil.(Herman)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Masa Tenang Pemilu 2024: Bawaslu Wonosobo Siaga dalam Memastikan Ketenangan

Trending Now

Iklan