MAD Bumdesma Mandiri Sejahtera Tahun 2024 Prioritaskan Simpan Pinjam

SuaraNegeri.com
31 Januari 2024 | 06:41 WIB Last Updated 2024-01-30T23:41:20Z

SUARA NEGERI | PEMALANG — Badan usaha milik bersama (Bumdesma), lembaga keuangan desa (LKD) Mandiri Sejahtera Kecamatan Petarukan mengadakan musyawarah antar desa guna bahas tentang laporan tutup buku, TA 2023 dan program kerja, TA 2024 di Pendopo Kecamatan Petarukan, pada Selasa 30 Januari 2024.

Deriktur Bumdesma Mandiri Sejahtera Petarukan, Enji Suprapto menyebutkan, dalam MAD laporan tutup buku tahun 2023 Bumdesma Mandiri Sejahtera memperoleh laba sebesar 125 juta, yang mana kita punya anggaran kegiatan dana sosial sebanyak 121 juta. Kemudian untuk rencana anggaran kegiatan dana sosial pada tahun 2024 sebesar 171 juta.

"Dana sosial yang kami miliki kegunaan biasanya untuk bingkisan sembako, tapi tadi dalam rapat dibahas pengunaan dana sosial pada 2024 secara insidentil yakni bila ada bencana di mana bisa digunakan tetapi dibahas dulu di kecamatan lalu bisa kami cairkan dana tersebut," jelasnya.

"Dalam MAD tadi program pada 2024  Bumdesma Mandiri Sejahtera Petarukan prioritaskan  Simpan Pinjam Perempuan (SPP) seperti tahun sebelumnya,  masih itu," tutupnya.

Sementara Kepala Dispermades Pemalang Drs. Ahmady Stiawan mengapresiasi MAD Bumdesma Mandiri Sejahtera sesuai jadwal yang disepakati, kegiatan berjalan dengan baik.

"Kegiatan Bumdesma Petarukan MAD tahun 2023  bisa menghasilkan laba, insha Allah  bermanfaat untuk masyarakat luas, bentuk usahanya Simpan Pinjam,  terkait dana sosial pengelolaannya yang menangani kepala desa dengan Bumdesma berdasarkan kesepakatan, karena itu diperuntukkan untuk kepala desa dengan Bumdesma sendiri. Penggunaan untuk apa, seperti apa, itu interen mereka," sebutnya.

"Untuk program kerja pada tahun 2024 sudah direncanakan dengan baik. Saya berharap pada  MAD 2025  ada peningkatan," pungkasnya.
 
Giat itu dihadiri, Derektur Bumdesma Mandiri Sejahtera Petarukan, Ahmadi Kepala Dispermades Pemalang, Kepala Desa Kecamatan Petarukan, Sekcam Petarukan dan para kader PKK Petarukan. (Rudi)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MAD Bumdesma Mandiri Sejahtera Tahun 2024 Prioritaskan Simpan Pinjam

Trending Now

Iklan