Edukasi Saksi Pemilu 2024, Timses Amin Brebes Gelar Bimtek

SuaraNegeri.com
22 Januari 2024 | 07:13 WIB Last Updated 2024-01-22T00:13:35Z

SUARA NEGERI | BREBES — Tak mau di curangi di Pilihan Presiden 2024, puluhan simpul relawan AMIN di Kabupaten Brebes, diantaranya Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi),  AB Club, Forum Alumni Perguruan Tinggi (API) Perubahan dan Deputi Saksi Timnas AMIN gelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) saksi untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024, dan didukung oleh caleg caleg partai koalisi.

Giat Bimtek yang berlangsung pada Minggu 21 Januari 2024, di Anggreani hotel Ketanggungan menghadirkan pemateri Timnas AMIN, Ir Ahmad Sarbini, dari Forum API Perubahan dan Deputi Saksi Timnas AMIN.

Ahmad Sarbini mengatakan, poin utama yang disampaikan dalam Bimtek ini adalah untuk mempersiapkan dan mengedukasi saksi saksi pasangan AMIN di setiap TPS agar paham teknis aturan aturan pemilu.

"Materi yang kami sampaikan adalah memberi pengetahuan tentang hukum pada pemilu serta  tanggung jawab  menjadi saksi, bagaimana menjadi saksi, cara berkordinasi jika menemui sejumlah kecurangan," ucapnya kepada media.

Dalam penilainya kecurangan kecurangan pada pemilu bisa saja terjadi, hal itu menjadi dasar untuk memberikan materi hukum kepada para saksi.

"Kecurangan kecurangan dalam pemilu itu bisa saja terjadi, maka mereka harus berani mengawal berani berbicara atau mencatat jika terjadi kecurangan-kecurangan yang terjadi di TPS,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Bakorsi Brebes,  Santoso mengatakan Bimtek itu sebagai cara menumbuhkan embrio embrio militan untuk AMIN.

"Ini sebagai bentuk menumbuhkan embrio embrio militan AMIN yang akan mengawal dan memenangkan pasangan calon Presiden dan wakil presiden 2024, Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar," kata Santoso.

Santoso berharap dari Bimtek khusus untuk saksi AMIN itu pada pemungutan suara nanti para saksi AMIN dapat menguasai secara materi dan teknis pemungutan suara serta mengkritisi jika ada temuan kecurangan.

“Apabila ada sesuatu hal yang dapat merugikan dan penyelesaiannya sehingga mereka semua sudah teredukasi dengan baik,” katannya.

Ia menegaskan, jika ditemukan kecurangan pihaknya sudah siap untuk berkoordinasi dengan tim hukum nasional AMIN.

Selain itu pihaknya berharap pasangan nomor urut 01 itu dapat meraih 80 persen suara di Brebes dan berharap seluruh relawan AMIN  tetap semangat untuk bersama sama mengawal suara AMIN di Pilpres 14 Pebruari 2024 mendatang.

Sementara terpantau sejumlah peserta antusias edukasikan diri dalam bimtek tersebut, sejumlah peserta bahkan tidak jarang mengajukan berbagai pertanyaan kepada sejumlah pemateri. (Makroni)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Edukasi Saksi Pemilu 2024, Timses Amin Brebes Gelar Bimtek

Trending Now

Iklan