CLOSE ADS
CLOSE ADS

Semangat Gotong Royong Warga Membersihkan Irigasi Si Topeng Patut Diapresiasi

SuaraNegeri.com
24 Desember 2023 | 22:11 WIB Last Updated 2023-12-24T15:11:05Z

SUARA NEGERI | PEMALANG — Pembersihan dan perbaikan irigasi bukanlah tugas yang mudah, mengingat tugas tersebut memerlukan banyak tenaga dan waktu. Dukungan dari berbagai pihak, seperti TNI dan masyarakat, sangat dibutuhkan dalam upaya untuk melestarikan lingkungan dan sumber daya air. 

Oleh karena itu, kegiatan seperti karya bakti pembersihan irigasi Si Topeng dari dukuh Karangjati sampai dukuh Wangkal Doyong Desa Sumurkidang, Kec.Bantarbolang yang dilakukan oleh Koramil 09/Bantarbolang berjarak 300 meter, yang dipimpin Danramil Kapten Inf Sarmin beserta 5 orang anggota dan 60 Masyarakat, sangatlah penting untuk dilakukan secara rutin dan teratur. 

Selain menunjukkan semangat gotong royong, kegiatan karya bakti pembersihan irigasi Si Topeng juga membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. 


"Irigasi yang bersih dan lancar akan memperlancar aliran air dan membantu irigasi dapat digunakan dengan optimal, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya untuk pertanian dan kegiatan lainnya," kata Danramil Kapten Inf Sarmin, pada Sabtu, 12/2023.

Menurutnya, Kegiatan karya bakti pembersihan irigasi Si Topeng ini juga menunjukkan bahwa Koramil 09/Bantarbolang tidak hanya berfungsi dalam aspek keamanan nasional, tetapi juga dapat membantu masyarakat dalam memperbaiki lingkungan sekitar. 

"Hal ini membuktikan bahwa kemanunggalan TNI-Rakyat dan sinergitas yang baik antara instansi pemerintah, masyarakat, dan TNI sangatlah penting dalam menjaga kerukunan dan ketertiban di wilayah," imbuhnya.

Selain itu, kegiatan karya bakti seperti ini juga berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan sumber daya air. Hal ini juga menunjukkan betapa pentingnya peran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menciptakan lingkungan yang bersih serta sehat.

Sebagai sebuah kegiatan yang bersifat sosial, karya bakti pembersihan irigasi tidak hanya memperbaiki lingkungan, tetapi juga dapat membangun rasa tolong-menolong dan persatuan di antara masyarakat sekitar. Dalam upaya untuk mencapai misi tersebut, sangat penting untuk melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam kegiatan karya bakti.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan karya bakti pembersihan irigasi dapat dilakukan secara berkala. Selain daripada memiliki banyak manfaat, kegiatan ini juga dapat membina kerja sama dan kedekatan antara masyarakat dan TNI. Melalui kegiatan serupa, akan tercipta rasa saling menghargai, saling membantu dan kerjasama dalam memperbaiki lingkungan, serta dapat membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

kegiatan karya bakti pembersihan irigasi Si Topeng yang dilakukan oleh Koramil 09/Bantarbolang memperlihatkan betapa pentingnya peran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan serta membuktikan betapa pentingnya sinergitas antara TNI, masyarakat, dan instansi pemerintah dalam menjaga kerukunan dan ketertiban wilayah. 

"Melalui kegiatan serupa, kita dapat memperbaiki lingkungan dan membangun kerjasama yang saling menguntungkan," pungkasnya. (rl/himawan)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Semangat Gotong Royong Warga Membersihkan Irigasi Si Topeng Patut Diapresiasi

Trending Now

Iklan