CLOSE ADS
CLOSE ADS

Sudah 11 Wartawan Tewas Dalam Serangan di Gaza

SuaraNegeri.com
16 Oktober 2023 | 14:40 WIB Last Updated 2023-10-16T07:40:16Z

SUARA NEGERI | GAZA — Sudah 11 wartawan yang meninggal dunia dalam serangan di Gaza. Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) pada Jumat  (14/10/2023) mengatakan, seorang videografer Reuters wafat dalam penembakan Israel di Lebanon selatan. 

Sementara, dua jurnalis lainnya dari televisi Aljazirah yang berbasis di Doha terluka dalam serangan itu.

“Dalam tujuh hari pertama pertempuran, sedikitnya 11 wartawan tewas, dua hilang dan dua lainnya luka-luka. Sembilan jurnalis Palestina dipastikan meninggal, satu jurnalis Israel dipastikan tewas dan satu lagi dilaporkan hilang," ujar pernyataan CPJ, seperti dikuti oleh Anadolu Agency.

“Pada 13 Oktober, seorang wartawan yang berbasis di Beirut tewas dalam serangan penembakan di Lebanon selatan,” kata CPJ.

CPJ mengatakan, wartawan di Gaza menghadapi risiko tinggi ketika meliput konflik di tengah serangan udara yang sedang berlangsung. CPJ menekankan bahwa wartawan adalah warga sipil yang melakukan pekerjaan penting selama masa krisis dan tidak boleh menjadi sasaran pihak-pihak yang bertikai.

“Wartawan melakukan pengorbanan besar di seluruh wilayah untuk meliput konflik penting ini.  Langkah-langkah untuk memastikan keselamatan mereka harus diambil oleh semua pihak untuk menghentikan jumlah korban jiwa yang mematikan dan besar ini," ujar Sherif Mansour, koordinator program CPJ di Timur Tengah dan Afrika Utara. (sumber: AP/Anadolu)


Keterangan Foto: Warga Palestina membawa jenazah jurnalis Palestina, Mohammed Soboh dan Said al-Tawil. Keduanya gugur dalam serangan mematikan Israel pada 10 Oktober 2023. (Foto: AP)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sudah 11 Wartawan Tewas Dalam Serangan di Gaza

Trending Now

Iklan