CLOSE ADS
CLOSE ADS

BUMD Perumda Kota Palu Lakukan Penanaman Bibit Bawang Varietas Lokal Lembah Palu

SuaraNegeri.com
07 Agustus 2023 | 13:20 WIB Last Updated 2023-08-07T06:38:03Z

SUARA NEGERI | PALU — Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahan Milik Daerah (Perumda) Kota Palu melaksakan kegiatan  penanaman bibit bawang merah dan bibit bawang varietas lokal lembah palu atau bawang goreng Di Dusun Laga, Kelurahan Taipa, Senin (7/8/2023).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu unit bisnis atau kegiatan usaha BUMD Perumda Kota Palu dan upaya untuk meningkatkan hasil produksi varietas Bawang lembah Palu.


Direksi BUMD Perusahan Kota Palu Rustam Makalama menjelaskan penanaman bibit bawang dilakukan di lahan 4 Hektar milik petani di Dusun Laga Kelurahan Taipa dan  merupakan upaya Perumda Kota Palu untuk meningkatkan produksi bawang merah varietas lembah Palu.

"Dilahan 4 Hektare milik petani ini  merupakan lahan tidur yang kami manfaatkan untuk penanaman bibit bawang sehingga dapat memperdayakan kelompok Tani di sekitarnya," ujar Rustam

Rustam menjelaskan penanaman bibit bawang salah satu jenis varietas lokal yang cocok dikembangkan karena produktivitasnya tinggi dan juga punya beberapa keunggulan. Jenis bawang lembah palu atau biasa dikenal jenis bawang goreng ini bisa dipanen pada umur 50 Hari dan masa panen 70 hari  di persiapkan untuk bibit benih unggul lokal.

"jenis bawang variatas lembah palu atau jenis bawang goreng ini akan di dorong produksi maupun produktivitasnya. Selain untuk konsumsi, juga dijadikan bakal benih untuk musim tanam berikutnya. Kita terus kejar produksi benih unggul lokal, karena saat benih kurang dan permintaan tinggi seperti sekarang ini," jelas Rustam

Sementara  Pemerintah Kota Palu yang di Wakili oleh Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos.,MM mengatakan penanaman perdana bibit bawang varietas lokal merupakan langkah awal Perumda dengan menandai usaha barunya.

"Bersama-sama menyaksikan untuk penanaman perdana terkait dengan salah satu usaha yang dilakukan oleh Perumda. Penanaman perdana ini menandai untuk adanya usaha-usaha baru yang dilakukan oleh Perumda," ujarnya

Sekretaris Daerah Kota Palu juga mengatakan Program penanaman bibit bawang lembah palu yang dilakukan oleh BUMD Perumda Kota mendapatkan dukungan dan support dari  dari OPD terkait dalam rangka untuk pengembangan bisnis Perumda.

Selain itu juga Sekot mengapresiasi BUMD Perumda Kota Palu dapat melibatkan dan meberdayakan masyarakat setempat.

Kegiatan penanaman bibit bawang varietas lokal Lembah Palu di Dusun Laga Kelurahan Taipa di hadiri oleh Sekretaris Kota Palu, Camat Palu Utara, Kadis Pertanian Kota Palu, Sekrertaris Perindag , Kabag Perekonomian, Tim Penyuluh Pertanian, Lurah Taipa, Camat Palu Utara, Dirut Keuangan BUMD Perumda Kota Palu, Staf dan masyarakat sekitar.(Dhankz)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BUMD Perumda Kota Palu Lakukan Penanaman Bibit Bawang Varietas Lokal Lembah Palu

Trending Now

Iklan